NIKMATNYA ESPRESSO ROMANO TERNYATA GAMPANG DIBUAT DI RUMAH

Jika tiap biji kopi punya cerita tersendiri dari asal mereka, begitu pun jua dengan tiap sajian secangkir kopinya.

AWALNYA saya cukup terkejut dengan sapaan seorang teman dari jejaring dunia maya. Bercerita tentang sajian espresso yang disajikan dengan air perasan lemon, yap buah yang berkarakter asam. Langsung menerawang pikiran saya, bagaimana karakter rasa espresso yang disajikan dengan air perasan lemon ini. Walau pun, air lemon ini bersifat optional, bila ingin tambahkan sendiri jika pun tak ingin abaikan saja. Lalu, saya ketemu ulasan sajian espresso romano yang menarik, tidak hanya sajiannya sejarahnya juga tak kalah menarik.

Sekilas jalan cerita espresso romano bermula, walaupun banyak versi tentang asal usulnya yang paling menarik adalah cerita yang berkaitan World War II. Pada masa itu, tengah krisis air di mana-mana daerah perang, dan untuk membersihkan peralatan makan/minum, mereka menggunakan lemon. Dan kini, entah bagaimana di beberapa kedai kopi Italy sajian ini menjadi menu mereka. Espresso yang disajikan dengan potongan lemon.

credit: werokitchen.com

Yang dibutuhkan
-Bubuk Kopi Arabika Gilingan Espresso
-Espresso Maker
-Potongan Lemon

Cara Buat
-Untuk pertama yang dibutuhkan, harus mempersiapkan espresso apakah itu single atau double shot. Tapi jangan khawatir, tidak perlu menggunakan mesin espresso, dengan espresso maker pun bisa. Alat seperti Flair, Nanopresso dan banyak lagi espresso rumahan yang bisa kamu temukan di sini.
-Potonglah lemon yang telah disediakan, apakah itu potongan tipis atau potongan tebal. Setelah itu, potongan lemon tadi digunakan untuk melumuri cangkir. Sehingga bagian dalam cangkir basah karena air lemon yang disapu ke permukaan cangkir.
-Kemudian, cangkir yang telah dilumuri lemon dengan cara menyapu potongan lemon dituang espresso yang telah dibuat. Sederhana, espresso romano siap untuk dinikmati.

Tentunya, espresso yang bertemu dengan kesan rasa lemon akan semakin menarik. Semua bisa seduh kopi sendiri di rumah, termasuklah membuat espresso yang nikmat

src: coffeefixations.com img: werokitchen.com

2 Comments
  1. Selain juga pernah sudah menemukan sajian espresso yg bersanding dgn air perasan lemon, resepnya kayak mudah dicoba. 👍

Leave a Reply

Your email address will not be published.