NODA PADA ALAT KOPI TERNYATA BISA BERBAHAYA

Banyak dari kita yang kurang perhatian dengan kebersihan alat-alat seduh. Padahal noda yang tertinggal di alat kopi kita ternyata menjadi ‘rumah’ bagi ragam bakteri.

BANYAK dari kita yang cukup sepele dengan noda-noda bekas kopi yang tertinggal di dasar cangkir. Pun sering kita abaikan saja noda kecokelatan di dasar Chemex, server kaca atau coffee maker lainnya. Karena dianggap tidak mengganggu rasa hasil seduhan, noda-noda yang mengendap cukup lama dan menumpuk menjadi sukar dibersihkan ini ternyata menjadi ‘rumah’ tempat berkembangnya ragam bakteri yang bisa membahayakan kesehatan kita.

Kita memang sering mengira bahwa membersihkan alat kopi cukup dengan air karena tidak boleh menggunakan deterjen. Ya, deterjen memang bisa meninggalkan bau dan kelak memengaruhi rasa kopi. Namun ternyata tidak semua kopi dari sisa seduhan mampu hilang hanya dengan air saja. Akibatnya tumpukan noda yang mengendap itu menjadi tempat bertumbuhnya jamur dan  bakteri coliform.

Menurut sebuah studi yang dilakukan NSF International pada 2011, alat-alat dapur terutama alat seduh kopi lebih banyak jumlah kumannya dibandingkan toilet dan gagang pintu rumahmu. Bayangkan betapa mengerikannya jika kita membiarkan noda-noda kopi menempel di alat kopi kita. Bisa-bisa jamur dan bakteri berkembang biak selamanya di sana tanpa kita ketahui.

Lalu bagaimana cara menyingkirkan bakteri ini? Pertama, lihat baik-baik alat kopimu yang mana yang sudah banyak nodanya? Selamatkan dengan membilas dengan air panas dan kemudian campur dengan baking soda. Baking soda dipercaya bisa melunturkan noda pada alat kopi berbahan kaca. Tak hanya baking soda, cuka juga bisa ampuh melenyapkan noda-noda dengan seketika.

Kamu harus tetap melakukan pembersihan dengan dua cara ini sampai nodanya benar-benar lenyap. Jika noda masih saja menempel dan tak bisa hilang, dengan berat hati harus saya katakan bahwa kamu harus menyingkirkan alat kopi itu dan menggantinya dengan yang baru. Karena mana yang lebih penting? Mempertahankan alat kopi karena sayang membeli  yang baru atau lebih memilih kesehatan yang tak bisa dinominalkan harganya?

Foto utama dari thekitchn.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.