NOMAD; MEMBUAT ESPRESSO LAYAKNYA BARISTA DI RUMAH

Jika banyak mesin espresso portabel direka bertujuan untuk memanjakan para pendaki gunung, backpacker dan pejalan kaki traveller lainnya, mungkin Nomad UniTerra berbeda.

BUKAN berarti alat espresso portabel satu ini tidak bisa dibawa ke mana-mana, hanya saja desainnya yang cukup unik masih membuat sebagian orang bertanya-tanya, apakah Nomad tergolong alat espresso protabel atau tidak. Karena bisa dibilang jika untuk dibawa ke mana-mana menggunakan backpack pastinya akan memakan cukup ruang, dan untuk keperluan travelling lainnya tidak muat dalam satu backpack.

Kalau saya boleh menyimpulkan, Nomad sememangnya alat espresso portabel namun untuk mereka penikmat espresso yang melakukan perjalanan wisata keluarga menggunakan mobil, menginap di hotel atau kunjungan keluarga untuk beberapa waktu lamanya. Karena pastinya jika melakukan perjalanan keluarga, persiapan kebutuhan tidak sedikit dan banyak ruang di tas koper untuk membawa Nomad UniTerra bepergian jauh dalam waktu yang cukup lama.

credit: flickr

Bukan hanya diperuntukan untuk keluarga yang melakukan perjalanan jauh, Nomad juga dapat memanjakan penikmat espresso yang ingin sensasi membuat espresso layaknya barista setiap hari di dapur rumah mereka, atau di ruang-ruang seduh yang menurut mereka nyaman. Pada dasarnya Nomad sangat mudah digunakan, sama halnya dengan alat espresso portabel lainnya. Yang berbeda adalah sensasi saat menggunakannya, memerlukan sedikit gerakan jari untuk menciptakan espresso yang sempurna.

True Crema Valve

Bisa dibilang rahasia karakter rasa espresso yang dihasilkan dari alat espresso Nomad ada pada fitur True Crema Valve (TCV). TCV yang terletak pada filter ini membantu ekstraksi bubuk kopi menjadi liquid espresso dan keleluasaan saat tamping bubuk kopi menggunakan tamper adalah sensasi yang hanya dimiliki Nomad dibanding alat portabel lainnya.

credit: flickr

Fitur TCV dapat membantu mengimbangi seberapa halus bubuk kopi dan juga variasi saat kamu tamping bubuk kopi pada basket, inilah yang membuatnya banyak orang minat untuk meminangnya menjadi teman di dapur-dapur rumah mereka ataupun untuk diajak jalan jauh. Dalam satu setnya, unit Nomad dilengkapi wadah air dan penutupnya, filter yang berupa set basket; coffee drawer; brewbox, juga dilengkapi dengan tamper dan tuas pompa dalam unitnya.

Untuk membersihkan dan menggunakannya juga terbilang mudah dan sederhana. Paling penting untuk dibersihkan adalah bagian basket dan TCV, setelah membuatnya pastikan tidak ada residu dari bubuk kopi sajian sebelumnya, dengan membasuh serta mengalirinya dengan air ataupun mencucinya dengan clean powder khusus alat kopi.

credit: flickr

Membuatnya hanya butuh langkah sederhana, persiapkan bubuk kopi pada basket kemudian pasang kesemuanya, isi air ke water tank kemudian tutup (wadah air maksimal untuk kapasitas 300ml), lalu tekan menggunakan kedua ibu jari tuas pompa jungkat jungkit seperti memegang joystick. Hanya sekitar 12 kali gerakan menekan tuas pompa dan jarum penanda pressure bar akan bergerak, sudah menghasilkan espresso nikmat dengan crema yang sempurna pada tingkat pressure 10 bar.

Sederhana bukan, bagaimana ingin memilikinya di dapur rumah kamu, atau kamu pernah punya pengalaman saat menggunakan Nomad UniTerra?

src: ineedcoffee.com sprudge.com img: technologytell.com

1,826 total views, 8 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.