OATMILK SEBUAH ALTERNATIF LEBIH SEHAT UNTUK KOPIMU

Semakin ke sini, semakin banyak alternatif sehat dalam menikmati kopi. Dan untuk kamu yang menikmati kopi dengan susu, congratulation kini ada oatmilk yang mungkin akan jadi pilihan lebih sehat.

OAT, kehadirannya sudah sejak lama menjadi pilihan sehat untuk banyak orang. Tapi biasanya oat hanya dijadikan makanan (khususnya sarapan) saja. Baru-baru ini industri kopi menyambut hadirnya ‘susu’ yang dibuat dari oatmilk. Tak tanggung-tanggung banyak gerai kopi di Amerika Serikat (terutama New York dan sekitarnya) yang langsung menggunakan oatmilk untuk membuat caffe latte, cappuccino, moccachino dan menu kopi lain yang menggunakan susu.

Kenapa oatmilk? Bukankah soy-milk dan almond milk sudah dinilai baik untuk mereka yang anti-dairy product? Para ahli mengatakan bahwa oatmilk dinilai jauh lebih baik dari pendahulunya soy-milk dan almond milk. Almond dinilai menyerap air lebih banyak sedangkan susu kedelai akan mengubah tekstur kopi jika kopi tersebut tidak langsung dihabiskan atau dibiarkan dalam waktu yang lama.

Juga untuk para barista sendiri, oatmilk dinilai memberikan struktur susu dan busa yang baik saat dipanaskan dan diubah menjadi busa atau foam. Jika kendala terbesar menggunakan almond milk dan soy-milk bagi barista adalah masalah tekstur susu yang tidak sebaik susu sapi dikarenakan lemak yang berbeda, maka pada oatmilk segalanya jauh lebih baik meski tidak sesempurna susu dari dairy product. Bravo!

Lalu bagaimana dengan rasanya? Rasanya tidak jauh berbeda dengan oat yang biasa kamu makan hanya saja sensasinya berubah saat dicampur kopi. Tidak bisa dibilang aneh tapi unik saja. Susah dijelaskan karena memang harus dicoba sendiri. Sedang kandungan gizinya adalah susu oat ini tak mengandung gula, juga tidak ada kolestrol di dalamnya serta sangat rendah sodium. Intinya dalam proses pembuatannya tidak ada menggunakan kandungan kimia dan tidak mengalami proses yang panjang sehingga mampu mengubah kandungan kebaikan yang ada di dalam oatmilk ini.

Lalu apakah susu ini ada di Indonesia? Sepertinya sudah ada tapi hanya bisa ditemukan di gerai-gerai yang menjual produk impor. Mari kita tunggu saja kedai-kedai kopi favorit kita menggunakan susu oat yang sehat ini ya.

Artikel disunting dari Times dan sumber lainnya.

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.