OMERTA KOFFIE : KEDAI KOPI TEMPAT BERPULANG

Jika ada yang mengatakan bahwa kedai kopi adalah sebuah kepulangan, maka Omerta Koffie adalah satu nama yang pantas meyandang gelar ‘pulang’ itu.

Omerta Koffie siap menyambut bahagiamu dengan kopi.
Omerta Koffie siap menyambut bahagiamu dengan kopi.

DENNY Sitohang sang pemilik kedai tampaknya harus berbangga hati karena kedai kopinya yang perlahan dia bangun kini menjadi ‘muara’ tempat penikmat kopi pulang dengan damainya. Omerta Koffie yang beberapa tahun lalu hanya sebuah ruangan sempit di samping bangunan utama kini menjelma sebuah rumah yang lumayan luas. Kursi-kursi dan meja-meja berjejer dan tak pernah kehilangan penghuninya. Kedai ini lebih dari sekedar transaksi kopi dibarter uang, Omerta Koffie adalah tempat berkumpulnya ratusan cerita yang berpulang.

Omerta tak pernah sepi. Tak pernah disinggahi sunyi.
Omerta tak pernah sepi. Tak pernah disinggahi sunyi.

Jangan kira kedai kopi ini sejuk dengan kursi dan sofa empuk. Tak ada kesan mewah yang muluk-muluk. Di Omerta Koffie saya selalu merasakan mewah rasa sederhana, kesederhanaan yang menghantam kesan mewah. Entahlah. Omerta Koffie memberi nyaman seperti markas yang isinya penuh tawa canda. Bertandang ke Omerta berarti harus siap bertemu teman dan kerabat yang wajahnya tak asing. Melenggang ke kedai ini sendirian bisa dipastikan pulang dengan mengantongi beberapa pengalaman baru yang dibagi teman-teman baru.

Joseng, sang barista menyeduh kopi Angkola untuk saya.
Joseng, sang barista menyeduh kopi Angkola untuk saya.

Jika saya mampir ke sini tentu saya akan memilih duduk di kursi dekat coffee bar. Berbincang dengan sang barista sambil memelajari biji-biji kopi yang berjejer di toples-toples. Bang Denny sang pemilik kedai memang fokus terhadap kopi, khususnya kopi Sumatera. Ada beragam single origin yang dia roasting sendiri. Biji-biji kopi Sumatera yang tak pernah kamu dengar namanya pasti kamu temukan di sini. Mulai dari Simalungun, Angkola, Tiga Panah, Aji Jahe, Siborong-Borong, Tiga Binanga, Lintong sampai nama-nama familiar seperti Sidikalang, Gayo dan teman-temannya.

Keramaian nan akrab. Omerta Koffie adalah 'pulangnya' banyak penikmat kopi.
Keramaian nan akrab. Omerta Koffie adalah ‘pulangnya’ banyak penikmat kopi.

Aji Jahe tubruk adalah salah satu yang digadang-gadang pelanggannya akhir-akhir ini. Kalau saya sih cukup dengan single origin Angkola yang diseduh dengan sepenuh hati melalui Hario V60. Untuk kalian yang mungkin tak suka dengan kopi hitam, tenang saja. Di sini juga disediakan menu espresso base dan aneka teh yang pastinya tak kalah nikmat. Jika mampi ke sini cobalah teh rosella , seduhlah panas untuk hati yang dingin dan seduhlah dingin jika hati sedang penuh amarah. Oh iya, saya juga mencicipi single origin Tiga Panah yang diseduh dengan Gabi, sejenis manual brew pour over asal Korea Selatan. Rasanya nyaman saudara-saudara!

Aneka pilihan single origin yang disangrai sendiri di Omerta Koffie.
Aneka pilihan single origin yang disangrai sendiri di Omerta Koffie.

Bagaimana jika lapar? Well, Omerta Koffie tidak memiliki banyak menu pilihan manakan. Hanya ada snacks seperti french fries, burger dan paling-paling indomie. Tapi sekarang tepat di sebelah Omerta Koffie sekarang sudah ada Nasi Bakar Bumbu Rujak. Lumayanlah untuk mengganjal malam-malam sambil ngopi dan keroncongan.

Gabi, penyeduh dari Korea Selatan siap mengadirkan nikmatnya single origin Tiga Panah.
Gabi, penyeduh dari Korea Selatan siap mengadirkan nikmatnya single origin Tiga Panah.

Omerta Koffie adalah satu kedai kopi idealis yang tak pernah sepi. Meski tak ada WiFi di sini, tak lantas membuatnya ketinggalan dengan tempat-tempat lain. Omerta Koffie tetap ramai dengan kesederhanaannya. Bahkan saya, teman-teman dan Bang Denny pernah melakukan Turkish Coffee ceremony sambil seseruan mengemil kurma. Tak hanya itu, keseruan lain adalah di sini selalu ada diskusi tentang kopi yang tak kenal ujung pangkal. Benar-benar seperti rumah yang padanya kamu bebas berpendapat dan mencari teman. Buat saya setiap pecinta kopi di Medan harus mampir ke Omerta Koffie. Dijamin saat mampir ke sini besok lusa ingin mampir lagi.

Kopi nikmat siap diteguk!
Kopi nikmat siap diteguk!

Omerta Koffie

Jalan Wahid Hasyim

No. 9 Medan – Sumatera Utara

PAKET CAFE

1,033 total views, 2 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.