OTTEN TIPS: 3 COLD BREW HACKS

Cold brew adalah salah satu alternatif paling asik dalam menikmati kopi. Oleh karena itu, sudah sebaiknya kita belajar menyeduh dingin sendiri.

OTTEN sendiri sudah sangat sering membahas tentang cold brew di Majalah Otten. Mulai dari tips memulai bisnis cold brewkesalahan dalam membuat cold brew, hingga aneka resep membuat cold brew. Tapi kali ini saya ingin memberi sedikit tips agar cold brew yang kamu seduh bisa menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Bukan tips yang besar, tetapi tentu sangat memengaruhi cita rasa akhirnya. Saya sendiri mendapatkan tips ini dari seorang tempan roaster dan barista. Darinya akhirnya saya tahu bahwa meskipun cold brew hanya terdiri dari air dan kopi saja, tapi banyak hal-hal detail yang jika tidak diperhatikan mampu berefek besar di dalam cita rasanya. Apa saja cold brew hacks yang dimaksud, berikut tips-tipsnya.

tuangkan-cold-brew

Perhatikan Alat Seduhnya

Tiap alat seduh dingin atau cold brewer memiliki cara dan rasio berbeda-beda. Meskipun cara seduhnya kurang lebih mirip, tapi kamu tidak bisa mengaplikasikan resep yang sama pada dua jenis alat cold brew yang berbeda. Contohnya saja Hario Mizudashi dan Toddy Cold Brewer, kedua alat ini memiliki fungsi yang sama tetapi penggunaan jumlah biji dan airnya tentu berbeda. Jangankan kedua jenis cold brewer yang berbeda, cold brewer yang sama tapi ukurannya berbeda pun beda perlakuannya. Jadi sebelum menentukan alat seduh mana yang kamu pakai, sebaiknya lakukan eksperimen kecil-kecilan. Karena belum tentu satu alat seduh yang biasa kamu gunakan, resepnya bisa kamu aplikasikan ke cold brewer jenis lain.

Credit: marketingweek.com
Credit: marketingweek.com

Saring Hasil Cold Brew-mu

Selama ini hasil seduhan cold brew-mu sering berwarna keruh atau memiliki sisa ampas dan residu pada dasar wadah? Nah, saya sendiri tidak terlalu suka menikmati cold brew yang airnya keruh meskipun rasanya enak. Untuk menyiasatinya biasanya saya menyaring kembali hasil seduhan itu dengan menggunakan paper filter. Jadi paper filter tetap dibasahi seperti biasa dengan menggunakan air panas lalu setelahnya tuanglah hasil cold brew yang sudah didiamkan 8-12 jam tadi. Kamu akan melihat residu dan sisa kopi pada paper filter. Dan setelah disaring cold brew akan berwarna jernih dan tentunya makin menggiurkan untuk dinikmati.

Toddy-Cold-Brew

Tidak Semua Cold Brew Cocok Dicampur Ini-Itu

Dengan kata lain sebelum kamu membuat cold brew, kamu harus tahu dulu bagaimana kamu akan menikmati cold brew-mu kelak. Jika kamu ingin mencampur cold brew dengan batu es, tentu kamu harus menambah jumlah kopi agar pada saat bertemu batu es yang akan mencair, rasa cold brew tidak watery. Jika kamu ingin menikmati cold brew dengan susu atau sirup lain, maka single origin yang kamu pilih sebaiknya yang pahit dan body. Dan jika kamu ingin menikmati cold brew begitu saja dan menyukai taste yang fruity, tentu kamu bisa memilih single origin yang berkarakter manis dan kalau bisa natural process. 

NOTE: Intinya sebelum kamu membuat cold brew harus perhatikan kebersihan, jenis air yang digunakan, grind size dan tentunya wadah penyimpanan.

Foto utama dari  bossleecoffee.com

coldbrew

 

556 total views, 14 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.