Aksesoris/Alat Kopi Brewing Method Tips

PAPER FILTER VS METAL FILTER. MANA YANG KAMU PILIH?

paper-filter-vs-metal-filter


Di dalam Third Wave Coffee, ada dua jenis filter yang membantu proses seduh: paper filter dan metal filter.

KEDUANYA memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Dan meskipun berfungsi sama, paper filter dan metal filter menghasilkan cita rasa pada tiap cangkir secara berbeda. Tak hanya perkara rasa, perbedaan kedua filter yang ada pada genre metode seduh manual pour over dan Aeropress ini terletak pada bentuk, cara pembersihan, perawatan, harga dan tentunya efek pada lingkungan. Paper filter dan metal filter memiliki penikmatnya masing-masing. Dan seperti layaknya kopi, kedua filter ini tetaplah salah satu ‘alat bantu’ dalam proses kopi yang tujuannya tetap satu: memberi nikmat pada tegukan.

paper-filter-vs-metal-filter

Untuk para penikmat kopi yang mungkin masih bingung mengenai perbedaan paper filter dan metal filter ini, sila simak poin-poin di bawah ini. Siapa tahu setelah membaca jadi tak bingung lagi dalam menggunakan filter mana yang cocok dan lebih sesuai selera. Selamat membaca.

 

Bentuk, Ukuran, dan Material

Paper Filter

Seperti namanya paper filter tentu terbuat dari kertas. Paper filter terdiri dari dua jenis kertas berbeda warna yaitu kertas berwarna putih dan kertas berwarna kecokelatan. Paper filter biasanya digunakan untuk alat seduh manual Chemex, Hario V60, Kalita Flat Bottom, Melitta, Kalita Wave, Aeropress dan Bonavita Drip. Hampir semua metode seduh yang disebutkan tadi memiliki paper filter berwarna putih dan cokelat muda.

Bentuk dan ukuran dari paper filter juga beragam disesuaikan dengan coffee dripper dan alat seduhnya.

paper-filter-vs-metal-filter

Metal Filter

Filter yang satu ini sudah tentu terbuat dari logam. Brand yang paling popular melahirkan metal filter adalah Able Kone meskipun Kinto dan Hario juga ada yang meluncurkan produk metal filter mereka sendiri. Metal filter ini ada yang terbuat dari loga dan metal biasa dan ada pula yang terbuat dari emas. Sedangkan untuk ukurannya ada beragam. Ukuran metal filter biasanya disesuaikan dengan coffee dripper. Ada yang suitable untuk pour over V60, Chemex bahkan Aeropress. Meskipun beragam material dan ukuranya, semua metal filter memiliki lubang microscopic yang ukurannya kurang lebih sama.

paper-filter-vs-metal-filter

 

Hasil Seduh

Paper Filter

Hasil seduhan yang menggunakan paper filter biasanya memberikan cita rasa yang bright dan clean. Kertas dengan segala ‘keajaibannya’ mampu menyerap minyak yang terdapat pada kopi sehingga hasil kopi yang diterima akan terasa lebih light and clear. Warna kopi pun biasanya lebih terang dan tidak ada sedimen serta ampas yang biasa hadir di dasar cangkir. Untuk kamu yang menyukai kopi yang sweet dan fruity, menggunakan paper filter memungkinkan kamu untuk menemukan ‘rasa’ yang kamu inginkan.

paper-filter-vs-metal-filter

Metal Filter

Body, bold and strong adalah tiga hal yang akan kamu dapatkan kita kamu menggunakan metal filter. Lubang mikroskopik pada metal filter tidak mampu menyerap minyak yang dibawa kopi sehingga oil dan bitter lebih mudah lolos ke dalam cangkirmu. Jika kamu menyukai rasa yang sedikit kuat, body serta ‘penuh’ maka metal filter memang diciptakan untuk kamu. Hasil seduh dari metal filter biasanya lebih gelap, keruh dan memberikan sedimen khas di dasar cangkir.

 

Pembersihan

Paper Filter

Menggunakan paper filter sangatlah ringkas dan mudah. Setelah selesai seduh kamu tinggal buang saja paper filter-nya.

paper-filter-vs-metal-filter

Metal Filter

Filter yang satu ini tentu lebih sedikit repot dari paper filter. Setelah pemakaian, penggunanya harus membersihkan sisa ampas kopi yang menempel pada metal filter. Pastikan semua ampas terbilas bersih dan tak ada yang tersisa.

 

Harga

Untuk pemakaian jangka panjang metal filter tentu akan dirasa lebih ekonomis ketimbang paper filter yang tidak bisa didaur ulang dan digunakan berkali-kali. Meskipun pada pembelian awal metal filter harganya jauh lebih mahal ketimbang satu kotak paper filter. Tapi dalam sekali pembelian, metal filter bisa bertahan kira-kira 7 tahun lamanya. Sedangkan paper filter akan mudah habis tergantung seringnya rutinitas kopi sang pengguna.

paper-filter-vs-metal-filter

 

Pengaruh Terhadap Lingkungan

Sudah tidak perlu dijelaskan kalau metal filter lebih eco-friendly. Sedangkan paper filter menghabiskan begitu banyak kertas dalam proses seduh yang dilakukan dalam jangka panjang.

paper-filter-vs-metal-filter

Catatan:

  1. Tak ada yang lebih baik antara kedua filter, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan dan semuanya tergantung selera masing-masing.
  2. Beda filter tentu beda suhu air, grind size dan metode yang digunakan sehingga hasil seduhannya sudah pasti berbeda.
  3. Paper filter lebih praktis, tapi metal filter lebih ekonomis.
  4. Ngopilah dengan keyakinan dan kenikmatan masing-masing. Kenikmatan kopi tak melulu bergantung pada filternya saja. Salam ngopi!

 

coffeefilter-magazine

10,157 total views, 12 views today

You Might Also Like

5 Comments

  • Reply
    rizki ramadhani
    November 17, 2016 at 10:48 am

    artikelnyanya menarik, saya punya beberapa pertanyaan mba. terkait metal drip filter apa ada rasio standarnya? saya pernah coba pkai filternya cafflano, cuma menurut saya hasilnya terlalu bold + bitter. apa memang berbeda cafflano dengan hario?
    terus kalau metal drip kita pakai paperfilter diatasnya lagi apa hasilnya sama dengan hario paper filter?

    • Reply
      Mustika Treisna Yuliandri
      November 21, 2016 at 4:25 pm

      Terima kasih Mas Rizki telah membaca. Metal filter memiliki ukuran yang berbeda-beda. Filter pada Cafflano dan Metal Filter merek Able Kone dan Kinto memiliki lubang mikroskopik yang ukurannya berbeda dan susunan yang berbeda juga.
      Terus jika metal drip diletakkan paper filter lagi tentu hasilnya juga berbeda dengan hario paper filter karena di sini terjadi penyaringan dua kali. Harusnya sih hasilnya jadi lebih clean ya. Tapi tergantung jenis kopi yang digunakan juga. Semoga membantu jawabannya ya.

  • Reply
    Ghani
    November 20, 2016 at 1:02 pm

    Yakin metal filter lebih aman lingkungan? Nyucinya emang gak pake sabun?

    • Reply
      Mustika Treisna Yuliandri
      November 21, 2016 at 4:22 pm

      Hai Mas. Untuk mencuci dan membersihkan semua alat-alat kopi memang tidak disarankan menggunakan sabun atau deterjen karena akan memengaruhi rasa saat digunakan kembali. Tak hanya metal filter, alat-alat kopi lainnya juga. Terima kasih. :)

  • Reply
    velasco
    November 20, 2016 at 4:49 pm

    terimakasih atas penjelasannya… saya suka sekali dengan artikelnya….

  • Leave a Reply