PELAYANAN TERBAIK ATAU SAJIAN KOPI YANG MENARIK

Fitrah seorang pengunjung kedai kopi, ingin menikmati sajian kopi nikmat dan mendapatkan pelayanan terbaik, sudahkah kamu berkunjung ke kedai kopi pekan ini?

RAMAI kedai kopi menjamur hampir di setiap kota besar di Indonesia, dari mulai kedai kopi mewah dengan perlengkapan komplit mesin espresso high-end untuk sajian kopi terbaik, hingga kedai kopi lokal yang menawarkan suasana terbaik sesaat sajian kopi diteguk. Tidak heran semakin banyak pilihan kedai kopi yang harus dikunjungi oleh para peminum kopi, untuk sekadar menyeruput bahagia akan rasa atau menikmati suasana ditemani teguk nikmat secangkir kopi. Seperti apa pun hasrat minum kopi seorang pengunjung, kedai kopi senantiasa memberikan apa ang dibutuhkan oleh pengunjung, secangkir kopi yang nikmat atau pun suasana hikmat yang jarang ditemukan di lain tempat.

credit: unsplash.com

Kapan terakhir kali kamu berkunjung ke kedai kopi, sehari yang lalu, seminggu yang lalu, atau sebulan yang lalu. Banyaknya kedai kopi yang menyediakan kopi take-away, bukan berarti kedai kopi jadi sepi pengunjung. Walau pun kini tiap orang semakin mudah mendapatkan sajian kopi mereka dengan pesanan daring, orang yang menikmati kopi mereka sekaligus menghabiskan waktu luang di kedai kopi tetap saja banyak. Saya pun demikian, sesekali berkunjung ke kedai kopi untuk menghadiahkan diri sendiri karena selama sepekan telah penuh dengan aktifitas harian. Berkunjung ke kedai kopi, semacam relaksasi demi menjaga diri tetap waras, lalu bagaimana ketika berkunjung ke kedai kopi malah tidak sesuai harapan.

Menyajikan sajian kopi terbaik untuk para pengunjung kedai kopi, merupakan tugas mulia dari seorang barista, hanya saja percaya atau tidak, barista hanyalah manusia biasa. Pada waktu sibuk ramai pengunjung, barista bisa saja mengalami penurunan peforma dalam proses penyajian kopi atau pun pelayanan. Jangan heran pada jam tertentu, ketika memesan sajian kopi seperti dilayani oleh robot tanpa senyum, atau malah sebaliknya sajian kopi menjadi tidak sama seperti hari-hari sebelumnya. Beberapa pengunjung terkadang menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi ketika mengunjungi kedai kopi. Maka seharusnya sebagai pengunjung lebih maklum, jika terjadi hal yang tidak sesuai yang diharapkan.

credit: qz.com

Saya pun pernah demikian, berkunjung ke salah satu kedai kopi lokal di kota Medan, sebuah kedai kopi yang terbilang baru waktu itu. Barista sangat ramah menerima pesanan, hanya saja sajian kopi yang diantar ke meja saya, tidak sesuai harapan. Seperti kata seorang teman yang antusias dengan kuliner, mengunjungi suatu kafe dan rasanya kurang enak atau pelayanannya kurang baik, cobalah berkunjung lagi di lain kesempatan mungkin kunjungan pertama ketika kafe sedang dalam penurunan peforma melayani pengunjung. Aku pun berkunjung ke kedai kopi itu untuk kedua kalinya, dan ternyata sajian kopinya berbeda dibandingkan ketika kali pertama meneguk kopi di sini.

Namun, jika pun terjadi suatu hal yang tidak diinginkan ketika berkunjung ke kedai kopi. Kamu pilih yang mana, pelayanan terbaik dengan sajian kopi yang kurang menarik, atau sajian kopi yang menarik dengan pelayanan yang kurang baik.

freepik.com img jcomp

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.