PEMETIK CERI KOPI BISA JADI BUKAN PETANI KOPI

Memasuki masa panen buah ceri kopi adalah hari-hari yang begitu sibuk dan harus dilalui oleh petani kopi, tapi tebak nyatanya beberapa kebun kopi pemetik cerinya bukan seorang petani kopi.

TUNGGU sebentar, mungkin di antara kita akan bertanya-tanya, kok bisa yang panen bukan petani kopi, bagaimana kualitas ceri kopi yang dipetik mereka, apakah kualitas ceri kopi akan dipetik sempurna dengan orang-orang yang tidak mengerti tentang kopi. Jangan terlalu khawatir, buktinya secangkir kopi yang kita minum hari ini begitu nikmat, maka tentu kualitas biji kopi yang kita seduh hari ini adalah kualitas terbaik dari kebun kopi. Jadi kekhawatiran kita akan pemetik ceri kopi sudah terjawab dengan rasa nikmat kopi hari ini.

Beberapa daerah produsen kopi memiliki perbedaan kapan tepatnya waktu panen tiba, dan hal ini juga tergantung jenis tanaman kopi yang ditanam di lahan tanam tersebut. Jika kebun kopi di Panama mengalami masa panen sekali setahun, pasti akan berbeda masa panen kebun kopi di Indonesia. Ketinggian lahan tanam kopi juga memberikan kontribusi terhadap kesuburan tumbuh kembang dari pohon kopi, sehingga masa panen puncak memiliki perbedaan tergantung ketinggian lahan tanamnya. Ketika memasuki masa panen ini, petani kopi tidak mungkin sendirian mengurusi kebun kopi yang luas, pun jika kebun kopi yang tidak terlalu luas, ketika masa panen tiba petani kopi pasti akan kerepotan jika mengurusnya sendiri. Sebabnya, petani kopi akan memakai jasa petik ceri memanfaatkan tenaga kerja sekitar kebun kopi.

Menggunakan jasa petik ceri kopi ketika masa panen adalah solusi untuk membantu kesibukan menjelang masa panen. Tapi, bukan berarti petani kopi mempekerjakan para pemetik kopi secara asal, tentunya yang memiliki kemampuan dan sikap yang baik. Mereka akan diberikan pembekalan bagaimana memetik kopi yang baik agar tidak mengganggu kualitas rasa kopi pada ceri yang dipetik. Pernah, itu hari saya dan tim Otten ngopi dan diskusi dengan pegiat tani kopi di kabupaten karo, sumatera utara. Dari mereka saya banyak mengerti tantangan jika mempekerjakan pemetik ceri, banyak pekerja yang sudah diberitahu cara petik ceri yang benar, tapi tetap saja ada yang memetik secara sembarangan. Untuk mengantisipasi hal ini, memang perlu memantau pekerjaan pemetik ceri kopi agar pemetikannya tidak sembarangan.

Pemilik kebun kopi berharap memanen ceri kopi pada saat masa panen sedang optimal untuk dipetik. Dengan mempekerjakan pemetik ceri selain membantu pekerjaan petani, juga menjadi sumber penghidupan untuk masyarakat sekitar kebun kopi. Maka dari itu, kebun kopi adalah berkah dari alam yang harus dijaga dan dirawat untuk dapat terus menjadi sumber penghidupan, dan penanganannya juga harus teliti untuk dapat menghasilkan kopi yang terbaik. Saat-saat penting seperti panen kopi juga harus diperhatikan, walau pun mempekerjakan masyarakat sekitar untuk memetik ceri kopi, tidak ada salahnya ada kontrol untuk memastikan semua prosedur memetik ceri berjalan sesuai harapan.

img: motifcoffee

1 Comment
  1. bagaimana jika para pelajar dan mahasiswa membantu panen buah kopi, apalagi minat generasi muda sekarang terhadap kopi sdh berubah
    selain menambah pengalaman kerja juga membuat mrk sadar bahwa kopi enak itu perlu proses, salah satunya waktu panen
    selain itu menarik minat generasi muda utk kembali bertani yg bisa dikembangkan menjadi lebih modern dan terintegrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.