PENASARAN SEPERTI APA RASA DARI NITRO COFFEE?

Kopi nitro tidak ada habisnya memberikan kejutan buat penikmat kopi, bahkan tren kopi nitro tetap menjadi topik hangat untuk diperbincangkan. Apakah kopi nitro hanya ada di coffee shop, dan sebenarnya bagaimana karakter rasa dari sajian kopi nitro ini. Semua akan dirangkum dari obrolan singkat Brian Beyke dengan roaster Quills Coffee, semoga menjawab rasa penasaran tentang kopi nitro ini.

PADA dasarnya kopi nitro tergolong pada sajian iced coffee, walaupun sekilas agak membingungkan untuk menggolongkan kopi nitro ke iced coffee, dan bahkan apakah sebenarnya masih ada karakter kopi dalam sajian ini. Tentunya kopi nitro adalah minuman kopi, hanya saja penyajiannya yang begitu menarik hingga menjadi perbincangan, bahkan karakter rasa dari kopi nitro tidak kalah hebat dengan sajian kopi dingin lainnya. Metode penyajiannya yang menambahkan nitrogen ke dalam kopi sehingga mengubah tekstur dari kopi itu sendiri dan tentunya mengubah karakter rasa dari kopi, sekilas tampilannya seperti kopi soda.

Berbicara perihal rasa dari secangkir sajian dingin kopi nitro tidak akan lengkap jika tidak menyoroti gelembung kecil yang ada di dalamnya. Karena secara garis besar, gelembung inilah yang memegang peran dari karakter rasa ketika kopi nitro masuk ke dalam mulut kita. Secara umum, kopi nitro akan membuat penikmatnya nyaman ketika dicecap lidah, hal ini didapat dari kesan busa dari gelembung kecil. Paling terasa ketika membandingkan kopi nitro dengan sajian dingin manual brew, jika kopi manual brew memberikan kesan nikmat, kopi nitro seperti perpaduan rasa kopi dengan soda memberikan kesan yang lebih seru. Jika kopi manual brew cenderung memperlihatkan acidity yang jelas, kopi nitro akan tercipta rasa manis dari kesan soda gelembung mikro yang mengenai reseptor lidah kita.

credit: wcity.com

Dan kemudian yang menjadi pertanyaan agak sulit, apakah kopi nitro lebih baik daripada sajian kopi dingin lainnya. Sebenarnya ini hanya sekadar persepsi dari beberapa penikmat kopi, tidak ada sajian kopi dingin yang lebih baik. Hal ini tentang kesukaan, jika iced latte menjadi favorit mungkin tidak demikian dengan orang lainnya, begitu juga dengan kopi nitro. Kopi nitro sebenarnya bukan hal baru, tapi di Indonesia di sebagian kota kopi nitro terbilang baru, pun jika ada menu kopi nitro di kedai kopi, penikmat kopi masih ragu untuk mencobanya karena belum mengenal lebih dalam tentang kopi bersoda ini.

Jika dilihat sekilas, mungkin pembuatan kopi nitro dengan menambahkan nitrogen terilhami dari sajian latte yang memiliki buih susu dalam sajiannya dan hal itu membuat nyaman ketika dinikmati. Nah, tidak ada salahnya mencoba kopi nitro jika sudah familiar dengan sajian latte, kopi nitro hampir sama dapat memberikan kesan foamy di mulut tapi lebih berasa manis dibandingkan latte. Apakah kamu sudah pernah minum kopi nitro? Salah satu alat yang bisa membuat kopi nitro adalah Brewista Cold Pro Nitro, tanpa perlu tabung nitro eksternal alat ini sudah bisa membuat kopi nitro yang nikmat.

src: thekitchn.com img: wcity.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.