PENCIL TAMPER: TAMPER ESTETIS YANG TERBUAT DARI PENSIL

Pensil dan tamper adalah dua hal yang sangat berbeda. Tapi di tangan Gábor Laczkó, keduanya bisa digabungkan menjadi alat kopi cantik fungsional nan estetis.

MUNGKIN tak pernah terpikirkan oleh orang awam bahwa beberapa pensil yang digabungkan bisa disulap menjadi sebuah handle tamper yang layak digunakan para barista untuk meracik kopi. Di tangan seorang Gábor Laczkó, seorang pelaku kopi yang juga pemilik Kávékalmár Kft asal Hungaria pensil-pensil yang lazim dibuat untuk menulis bisa disulap menjadi handle tamper yang indah.

Credit : bwissue.com.cn
Credit : bwissue.com.cn

Berkolaborasi dengan Naked Portafilter Company, Attila Zérczi dan Tamas Vass dibuatlah sebuah film pendek berjudul Pencilery. Dalam film pendek ini ditampilkan cara terciptanya sebuah pencil tamper. Tak seperti tamper lain yang terbuat dari kayu atau bahan lainnya, di sini jelas ditayangkan secara spesifik dan indah bagaimana beberapa buah pensil yang disatukan menjelma sebuah tamper dengan desain dan corak yang unik. Meski terbuat dari gabungan pensil, Pencil Tamper yang satu ini mampu digunakan dalam proses pemadatan kopi di dalam portafilter layaknya tamper biasa.

Credit : origo.hu
Credit : origo.hu

Pada situs kopi Daily Coffee News Gábor Laczkó mengaku telah menghabiskan waktu kurang lebih delapan bulan untuk bereksperimen dengan pensil dan mesin CNC yang digunakan dalam membentuk struktur tamper. Perjuangan delapan bulan tanpa henti tersebut membuahkan hasil terbukti dari banyaknya animo pecinta kopi terhadap pencil tamper sesaat setelah alat ini diluncurkan. Bagian terbaiknya adalah tamper ini memiliki beragam motif yang unik dan melalui proses polishing yang sempurna. Permukaannya sangat halus dan warna yang dihasilkan beragam sesuai dengan keinginan para pembelinya.

Kini, pencil tamper bisa dipesan di website resmi Naked Portafilter yaitu di www.naked-portafilter.com. Harga pencl tamper berkisar mulai dari $100. Jika stok sudah habis, kamu bisa melakukan pre-order dan memesan sesuai yang kamu inginkan. Mulai dari ragam warna (karena pencil tamper bisa dibuat dari pensi warna juga), hingga ukuran diameter yang diinginkan. Karena pencil tampers hanya diproduksi dengan jumlah terbatas, maka bagi yang berminat harus memesan jauh-jauh hari. Penasaran dengan pencil tamper nan unik ini, sila langsung pesan di naked-portafilter.com ya. Salam kopi!

Artikel & foto utama dari dailycoffeenews.com

barista tools

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.