PENELITIAN COFFEE SILVER SKIN DAN RAHASIA AWET MUDA

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat dan terlihat lebih muda di usia yang seharusnya tak muda lagi. Pasti semua orang mengidamkan kulit yang sehat, dan tidak sedikit di antara mereka rela pergi ke klinik kesehatan kulit untuk melakukan perawatan atau menggunakan produk-produk kesehatan dan kecantikan guna memiliki kulit dan wajah yang sehat seperti usia muda.

BANYAK yang keliru, faktanya untuk memiliki kulit yang sehat butuh waktu yang lama, menjaga kulit tetap sehat dengan menggunakan produk-produk kesehatan dan kecantikan adalah langkah yang tepat dibandingkan memulihkan kesehatan kulit yang sudah bermasalah. Kulit kering, bersisik, timbul bercak hitam akan sangat sulit untuk dipulihkan, ada baiknya menjaga kesehatan kulit sejak dini. Dan siapa yang mengira kopi merupakan bahan yang sangat baik dan berpotensi untuk dijadikan untuk produk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat kopi bagi kesehatan dan kecantikan mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, namun tahukah kita, senyawa yang bagaimana pada kopi yang dapat menjaga kulit tetap sehat. Coffee silver skin bisa dibilang merupakan rahasia bagaimana senyawa yang terkandung didalamnya dapat menjaga kesehatan kulit. Bahkan tidak hanya itu saja, ekstrak coffee silver skin disinyalir sangat potensial di industri kosmetik. Antioksidan yang tinggi mungkin sebab sinergi dari senyawa chlorogenic acids, caffeine, dan melanoidins, serta senyawa lainnya.

credit: bluecouleecoffee.com

Pada green bean, silver skin merupakan lapisan yang menempel pada green bean, lapisan inilah yang ternyata memiliki senyawa yang baik untuk meremajakan kulit. Beberapa penelitian yang mengungkapkan, bahwa silver skin inilah yang berperan aktif menjadikan kulit sehat.

Menunda Penuaan
Seperti di awal pembahasan, bawah coffee silver skin mengandung banyak senyawa chlorogenic acids dan caffeine yang mana sangat berpotensi untuk menunda penuaan sebab munculnya keriput. Di uji pada 20 sukarelawan, menggunakan krim berbasis coffee silver skin dua kali sehari selama lebih 28 hari. Pada hasilnya, kulit mengalami peningkatan kekencangan yang maknanya dapat menunda penuaan.

Meringankan Peradangan Kulit
Kulit yang meradang sebab reaksi kulit terhadap mikroba dari luar dengan gejala seperti alergi pada kulit. Senyawa yang terkandung pada coffee silver skin dapat membantu meringankan peradangan kulit. Hal ini merupakan aktifitas senyawa antioksidan, salah satunya senyawa melanoidin yang ditemu pada silver skin green bean dan juga masih terkandung ketika biji kopi diroasting.

Melindungan Kulit Dari Sinar UV
Paparan langsung sinar UV ini berdampak buruk pada elastin dan kolagen, hal ini membuat kulit keriput dan kering. Penelitian yang dilakukan pada kulit kelinci untuk mengukur tingkat keriput disebabkan paparan langsung sinar UV. Dan hasilnya, ketika kulit kelinci diberikan senyawa chlorogenic acids, tanda-tanda keriput melambat. Dengan penelitian ini disimpulkan bahwa chlorogenic acids mencegah penuaan dini pada kulit disebabkan terpapar langsung sinar UV.

Penelitian lainnya yang sejenis juga menjelaskan, bahwa kandungan yang terdapat pada lapisan tipis green bean ini berpotensi untuk mencegah aktifitas mikroba jahat pada tubuh dan juga dapat mencegah kerontokan rambut. Berikut informasi tentang coffee silver skin yang ada pada green bean, semoga menambah wawasan bersama.

Artikel ini disadur dari jurnal Coffee Silverskin: A Review on Potential Cosmetic Applications terbit di mdpi.com, img: mugnetized

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.