PENJELASAN SEDERHANA KENAPA KOPI MEMBANTU PRODUKTIVITAS

Kita semua pernah mengalami produktivitas yang mendadak meningkat sesaat setelah mengonsumsi kopi. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

TAK ada yang tak ada penjelasanannya di dunia ini, termasuk kenapa kopi mampu meningkatkan produktivitas kita. Saya, kamu, mereka dan jutaan orang di luar sana percaya bahwa tanpa menikmati kopi pagi, produktivitas dan semangat kita dalam memulai hari takkan pernah sama. Kita semua percaya bahwa kopi menularkan energi yang memompa produktivitas. Namun tahukah kamu bahwa hal ini ada penjelasannya secara sains. Ini bukanlah sesuatu yang hadir karena sugesti. Karena secara ilmiah ada penjelasannya.

credit: theconnectionexchange.com

Seperti yang kami kutip dari Ladder.com, secangkir kopi pagi mampu merangsang kelenjar adrenal. Kopi yang mengandung kafein akan masuk pada sistem tubuh lalu merangsang kelenjar adrenal yang merupakan ‘tempat’ di mana kortisol berada. Kortisol yang lebih dikenal dengan hormon yang berperan dalam urusan ‘stres’ akan dilepaskan beberapa menit setelah kamu meneguk kopi pagimu.

Setelah pelepasan kortisol tadi yang kurang lebih 15-20 menit (tergantung pada tubuh tiap orang) tubuh kamu akan mengalami lonjakan energi. Tingkat kesadaran kamu meningkat. Dan energi perlahan hadir dan di saat ini kamu bisa berfokus dalam mengerjakan sesuatu dengan lebih tajam. Ini adalah momen paling tepat untuk mengerjakan sesuatu karena tubuh yang sedang produktif dengan sangat baik. Proses ini terjadi hingga beberapa jam ke depan. Kortisol yang terlepas membuat kita terjaga. Itulah kenapa di pagi hari sebelum beraktivitas disarankan untuk mengonsumsi secangkir kopi.

credit: cbc.cc

“Kortisol adalah hormon stres utama yang mampu meningkatkan kadar gula dalam aliran darah. Juga mampu meningkatkan penggunaan glukosa di otak dan meningkatkan ketersediaan zat yang memperbaiki jaringan. Kortisol juga berperan membatasi fungsi yang tidak penting dalam jaringan tubuh kita. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat. Karena kopi meningkatkan jumlah kortisol. Dan jika berlebihan akan memperburuk sistem saraf dan kesehatan manusia,” papar staf Mayo Clinic yang dikutip dari Ledder.com.

Lalu secara ilmiah kapan waktu terbaik menikmati kopi? Di pagi hari antara 10.00-11.30 dan di antara pukul 14.00-17.00 sore. Keduanya adalah waktu-waktu produktif bekerja tentu saja!

 

Artikel disunting dari ledder.com

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.