PENTINGKAH KEMASAN PADA PRODUK KOPI?

Ada yang bilang jangan ‘nilai buku dari sampulnya’. Tapi dalam dunia bisnis. sampul dan kemasan adalah nilai awal yang menjadi daya tarik.

BICARA bisnis di dunia kopi, kita tak bisa hanya berbicara soal rasa dan pelayanan saja. Persaingan di industri ini begitu sengit dan produk yang dijual biasanya hampir mirip. Salah satu yang membedakannya adalah pemasaran dan kemasannya. Produk bagus jika tak dipasarkan dengan baik, tiada yang akan tahu, tiada yang akan membeli. Dan produk bagus jika dikemas tidak menarik tentu akan kehilangan kesempatan untuk laris manis. Jadi kembali ke pertanyaan di atas, “pentingkah kemasan pada produk kopi?”, jawabannya sangat penting.

Untungnya banyak yang sadar akan pentingnya kemasan yang apik. Jika kita lihat perkembangan industri kopi kita, banyak pelaku yang rela berpikir keras dan melahirkan produk dengan kemasan ciamik yang membuat kita jatuh cinta pada pandangan pertama. Dulu biji kopi hanya dijual di paper bag dengan stiker seadanya. Kini kemasannya rupa-rupa. Mulai dari toples, kapsul, tabung hingga dikemas dengan hampers ekslusif. Kopi menjadi begitu mewah dan mahal dikarenakan campur tangan kemasan.

Lain lagi dengan minuman kopi sekali minum seperti cold brew, cold drip, coffee beer dan lain-lain. Pelaku bisnis di industri sadar benar bahwa kini kopi tak hanya sekadar pelepas dahaga atau ramuan anti ngantuk. Kopi adalah gaya hidup, pride, content material dan sumber kekerenan. Oleh karena itu, kemasan yang estetik akan mengundang pembeli datang.

Cold brew terbaru.

“Jujur beberapa kali saya membeli minuman kopi karena tertarik kemasannya. Kadang suka tak terlalu peduli soal rasa, yang penting kemasannya dulu. Kemasannya penuh daya seni, jadi layak diapresiasi dengan membeli produknya,’ tutur Angga salah satu peminum kopi aktif. Sebegitu efektifnya peran kemasan dalam bisnis kopi menjadikan profesi grafic desaigner, product desaigner, copywriter, dan banyak lagi turut dibutuhkan. Jadi kopi tak hanya soal produknya saja, tetapi bagaimana produk itu melesat mencuri daya tarik ke permukaan!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.