PENTINGKAH SEMBURAN STEAM WAND SEBELUM DAN SESUDAH STEAM SUSU

Bayangkan, jika kamu menikmati sajian kopi susu yang dipersiapkan dengan peralatan kurang bersih, apa yang terjadi?

SEBAGAI penikmat sajian kopi susu, jika tahu peralatan yang digunakan kurang bersih pasti akan mempertimbangkan kembali untuk pesan kopi susu. Bahkan pada perkara yang lebih serius, beberapa orang memiliki pencernaan sensitif, akan sakit perut setelah menikmati sajian yang dipersiapkan dengan peralatan kurang bersih. Maka tidak ada salahnya sebagai pengunjung, mengintip bagaimana cara barista mempersiapkan sajian kopi susu untuk kamu. Memastikan apakah standar operasional kebersihan tidak ada yang terlupa dilakukan oleh barista.

credit: giphy

Untuk menyajikan secangkir sajian kopi susu pastinya membutuhkan persiapan panjang, dari mulai menggiling biji kopi, hingga steaming susu. Bukan sesuatu yang mudah untuk menyajikan kopi susu espresso base, menjaga sajian kopi tetap stabil dan memastikan tiap peralatan tetap bersih. Dimulai dari portafilter yang dibersihkan dengan lap sebelum bubuk kopi dimasukkan, dan memastikan grup head tidak ada residu dari proses shot sebelumnya. Sebabnya, sebelum dipasang portafilter dan setelah proses shot kemudian portafilter dilepas, air pada grup head sengaja dibuka sebentar untuk membersihkan residu yang tertinggal. Begitu juga ketika steam wand digunakan, ada prosedur kebersihan yang penting dilakukan, tapi ada juga yang melupakannya sebab berbagai hal.

Steam wand digunakan pada mesin espresso untuk membuat buih susu dan menghangatkan susu agar suhu kopi dan susu seimbang ketika dicampur. Penyimpanan susu pun perlu diperhatikan, menjaga kesegaran susu sebelum dan setelah digunakan, meletakkannya ke dalam kulkas agar tetap segar. Bahan yang segar, peralatan yang bersih adalah bentuk pelayanan optimal untuk menyajikan sajian kopi susu untuk pengunjung. Tapi beberapa barista terkadang lupa, apakah karena intensitas pesanan yang banyak dan cepat atau karena kelelahan. Steam wand terlupa dibersihkan dan lanjut untuk steaming susu berikutnya, sekilas mungkin tidak terlalu kelihatan perbedaannya, bahkan sesekali mungkin tidak berpengaruh.

Namun, steam wand yang terlupa untuk dibersihkan setelah steaming dan bahkan tidak dibersihkan sebelum steaming akan terjadi pengendapan. Pada jangka panjang, pengendapan susu pada steam wand tentu merugikan, dari sisi pengunjung menyangkut kesehatan. Padahal barista juga akan direpotkan jika terjadi pengendapan pada steam wand, dari biaya operasional untuk memperbaiki dan membersihkan mesin espresso. Maka ada baiknya, memastikan steam wand dalam keadaan bersih, buka knop untuk semprotan steam wand sebelum dan sesudah steaming susu. Tentunya, tiap barista mengusahakan yang terbaik di tiap sajian kopi buatannya untuk disajikan pada para pengujung.

Lebih baik menjaganya dalam keadaan bersih, dari pada membersihkan mesin kopi jika sudah terjadi pengendapan, tentu akan menyulitkan. Sebagai pengunjung, sebenarnya tidak perlu khawatir apakah kedai kopi yang dikunjungi menjaga kebersihan atau kurang bersih. Malahan, umumnya kedai kopi melakukan kegiatan kebersihan sebelum buka kedai dan setelah tutup kedai.

sumber:
kanal seattlecoffeegear
analogcoffee.ca img

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.