PENTINGNYA KALIBRASI SCALE UNTUK KEBUTUHAN KEDAI KOPI

Dalam menyajikan espresso, timbangan (scale) merupakan salah satu alat penting untuk mencapai kenikmatan kopi yang optimal.

BAHKAN pada kebutuhan kedai kopi, scale adalah alat persiapan yang harus dimiliki untuk menyajikan banyak sajian dari mulai minuman dan makanan. Maka, perlu dipertimbangkan untuk membeli scale yang tahan lama dan berkualitas, agar nyaman ketika digunakan dan akurat saat menakar biji kopi atau pun bahan lainnya.

Lebih khusus lagi, pada sajian espresso, scale harus sangat diperhatikan agar sajian espresso seperti yang diharapkan. Inilah sebabnya menjadi penting untuk kalibrasi scale secara berkala untuk kebutuhan kedai kopi yang intensitas menyajikan kopi begitu cepat. Jika scale sudah tidak tepat dalam menakar biji kopi, maka espresso akan meleset dari rasa yang biasanya.

Kalibrasi scale adalah upaya yang dilakukan untuk menjaga scale tetap menakar pada nilai ukur yang akurat dan presisi, maka menyajikan sajian kopi yang nikmat akan menjadi mungkin. Alasan mengapa kalibrasi scale perlu dilakukan berkala untuk kebutuhan kedai kopi.

credit: cf.jiraygroup

Akurasi Takaran
Untuk menyajikan sajian kopi sesuai dengan yang diharapkan, tentu harus menemukan rasio kopi yang tepat dan penggunaan air seduhan yang sesuai. Maka akan menjadi permasalahan yang serius, bila dari hari ke hari akurasi dari takaran tidak sesuai dikarenakan scale sudah tidak akurat untuk menakar.

Konsistensi
Tiap barista yang menyajikan sajian kopi favorit pengunjung mereka, tentu berharap mampu menyajikan sajian kopi yang sama seperti para pengunjung nikmati di hari-hari sebelumnya. Penggunaan scale yang sudah tidak akurat lagi dalam menakar, akan berdampak pada konsistensi sajian kopi. Maka menjadi penting untuk mengkalibrasi scale, agar mencapai konsistensi sajian kopi tiap harinya.

Membantu Eksperimen
Scale yang tepat, akan sangat membantu barista untuk bereksperimen menemukan rasio favorit mereka dalam menyeduh kopi, menemukan resep yang sesuai untuk menyajikan single origin tertentu. Karena tiap single origin, sebenarnya tidak ada kesamaan rasio ketika menyajikannya dalam sajian kopi. Semisal espresso, single origin tertentu ada yang lebih nikmat dengan rasio 1:2 ada juga yang lebih powerful dengan 1:1.

Mengurangi Bubuk Kopi Yang Terbuang
Berapa yang kita butuhkan itulah yang harus kita giling, maka tidak akan ada bubuk kopi yang terbuang. Scale yang tepat juga akan mengurangi kemungkinan bubuk kopi terbuang percuma.

Secara umum, kalibrasi scale yang dilakukan biasanya dengan menggunakan Calibration Weight atau dengan melakukan takaran manual dan memerlukan kemampuan khusus untuk menguji scale.

src: clivecoffee.com img: acaia.co

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.