PERAN KEMASAN (PACKAGING) DALAM BISNIS KOPI

Ada ’emas’ dalam ‘kemasan’. Jadi sudah pastilah kemasan dalam bungkus biji kopi, bubuk kopi atau botol pada cold brew coffee akan memengaruhi penjualannya di industri yang berdaya saing tinggi ini.

credit: pinterest.com

CINTA itu datangnya dari mata turun ke hati. Sedangkan untuk membeli sebungkus biji kopi di sebuah event kopi buat saya adalah pertama harus jatuh cinta pada kemasannya dulu baru tergoda mencicip rasanya. Kira-kira sepenting itulah kemasan kopi dikemas agar mampu menarik hati para pembeli. Lalu apa pentingnya kemasan kopi ini bagi pebisnis kopi pemula yang sedang berjuang memilah-milih kemasan terbaik bagi produknya?

credit: emretelli.com

Memperkenalkan Brand

Jika kamu baru saja memulai bisnis kopi, entah itu menjual biji dan bubuk kopi atau menjual cold brew, cold brew dan kopi siap minum lainnya, maka kamu harus membuat kemasan yang membuat calon pembelimu bergidik dan menoleh saat pertama kali melihat produkmu. Ini sangatlah penting karena sebagai pebisnis kopi pemula tugas pertama yang harus kamu lakukan ada bagaimana caranya orang tahu produkmu dan brand yang kamu bangun ini bisa dikenal luas. Kemasannya memengaruhi mendongkraknya sebuah brand. Selain nama produk, tentu packaging-nya adalah faktor X yang penting untuk dipikirkan. Sebut saja Blue Bottle dengan cold brew dalam kalengnya plus logo ‘botol biru’ yang melekat di kepala. Sederhana, tapi membuat brand ini berjaya dan melekat erat di kepala.

credit : msecnd.net

Tentu Saja Meningkatkan Penjualan

Coba pikir kenapa banyak perusahaan yang bergerak di bidang desain sekarang ini? Itu dikarenakan banyaknya permintaan mengenai desain logo, kemasan dan lain-lain yang dibutuhkan oleh banyak brand. Perusahaan besar semacam Starbucks, Stumptown, Intellegentsia Coffee dan sejenisnya mengemas produk mereka begitu apik. Tak hanya cantik dan menarik dari segi desain tapi juga nyaman digunakan para pembelinya. Hal seperti ini yang membuat kostumer lebih memilih produkmu ketimbang produk lain yang sejenis. Jika sudah begini tentu akan meningkatkan permintaan. Kemasan itu mungkin bukan satu-satunya faktor yang mendongkrak penjualan, tapi bagian penting yang menjadi pertimbangan pembeli.

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.