News

PERBEDAAN ANTARA LONG BLACK, AMERICANO DAN KOPI TUBRUK


Kopinya boleh sama hitam, tapi soal nama, rasa dan hasil akhirnya tentu saja bisa berbeda.

Jika ditanya jenis minuman kopi apa yang pertama kali kita kenal mungkin jawabannya adalah kopi hitam. Kopi hitam menjadi kopi pertama yang mungkin hadir di kehidupan kita. Orang tua di rumah sudah mengonsumsinya sejak mereka kecil dan hal tersebut juga diwariskan dari orang tua mereka: kakek nenek kita. Kopi hitam ini di beberapa wilayah di Indonesia dikenal sebagai kopi tubruk. Seiring berkembangnya zaman dan bertambahnya juga pengetahuan kita tentang kopi, kopi hitam ternyata tak sesederhana yang kita kenal semasa kecil.

americano

Kopi hitam menjelma beberapa bagian yang terbagi atas beberapa nama juga: long black, Americano dan si klasik kopi tubruk. Namun adakah perbedaan di antara ketiga minuman yang sama-sama terdiri dari kopi dan air ini? Tentu saja ada dan untuk itulah artikel ini ditulis. Selamat membaca.

Long Black

Jenis minuman yang termasuk ke dalam “keluarga kopi hitam” ini terdiri dari air panas dan espresso. Minuman ini disajikan dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu lalu setelah itu dituangkan espresso ke dalamnya. Long black berasal dari Australia dan Selandia Baru oleh karena itu cara penyajiannya haruslah mengikut negara asalnya, tak boleh sebaliknya. Untuk perbandingan rasio air dan espressonya biasanya tergantung selera. Ada yang mengatakan jika memakai 160 ml air, sebaiknya menggunakan 30 ml. Tapi itu semua bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya masing-masing. Long black identik dengan sisa krema yang berada di permukaan kopi. Karena menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso maka krema yang berada di atas kopi tetap utuh berada di permukaan cangkir. Ini yang menyebabkan long black berbeda dengan jenis kopi hitam lainnya.

shutterstock_172202336

Americano

Seperti namanya, Americano tentu adalah kopi hitam yang berasal dari Amerika. Meskipun di coffee shop di Amerika dan sekitarnya tentu menyediakan juga menu long black. Meski sama-sama kopi hitam, Americano tentu berbeda dengan long black. Yang membedakannya sebenarnya sederhana saja yaitu cara penyajiannya. Cara menyajikan adalah espresso disiapkan terlebih dahulu lalu menambahkan air panas setelahnya. Hasil Americano biasanya nyaris tak meninggalkan krema di permukaan cangkir. Hal tersebut dikarenakan espresso yang diguyur air panas sehingga memecah krema yang ada pada espresso. Hal inilah perbedaan paling jelas antara Americano dan long black. Krema pada permukaan cangkir adalah yang membedakan kedua jenis kopi hitam ini.

Kopi Tubruk

Bicara soal kopi hitam tak lengkap rasanya jika tak membahas sedikit tentang kopi tubruk. Apa yang membedakan kopi tubruk dengan dua jenis kopi di atas selain ketradisionalannya adalah tentu cara penyajiannya. Kopi tubruk adalah kopi hitam yang dinikmati berikut dengan ampas kopinya. Oleh karena itu, kopi tubruk biasanya disiapkan dengan kopi bubuk yang bisa digiling halus atah medium sesuai selera lalu disiram dengan air panas mendidih. Beberapa orang gemar mengaduk lalu mendiamkannya sebentar agar ampasnya tenggelam ke dasar cangkir. Lalu setelah itu diserupun nikmat ditemani dengan pisang goreng hangat.

tubruk

Bagaimana? Sudah pada tahu ‘kan perbedaan antara long black, Americano dan kopi tubruk. Jika ada dari artikel ini yang belum lengkap silakan tambah di kolom komentar ya. Selamat minum kopi.

beli-kopi

54,128 total views, 2 views today

You Might Also Like

13 Comments

  • Reply
    Joe Ardi
    August 26, 2015 at 11:32 am

    akhirnya…tau juga perebedaanya…
    sama-sama hitaam tapi berbeda…hehe

  • Reply
    kemas
    August 27, 2015 at 3:18 pm

    bagaimana cara membuat espresso tanpa mesin, kasih tahu donk

    • Reply
      adit maulana
      September 1, 2015 at 10:41 am

      Sudah tau ‘moka pot’.. Kayanya itu espresso tanpa mesin..

      • Reply
        Heri Eko Purwanto
        September 19, 2016 at 4:53 pm

        Tepatnya alat jenis moka pot yang sudah bisa menghasilkam latte, atau espresso adalah mukka pot..
        Jadi ada perbedaan penggunaan jenis ini antara moka pot dan mukka pot

      • Reply
        Sagabbb
        April 22, 2017 at 8:48 pm

        Pake rok latte jga bisa hihi

    • Reply
      Bernice Foo
      September 9, 2015 at 4:44 pm

      Bisa pake moka pot atau ada produk yg keren juga nih dari otten rok presso. Keren abis!

    • Reply
      oland
      September 11, 2015 at 9:34 am

      pakai alat yg namnya ROK PRESSO bang… liat aj di youtube.

    • Reply
      Boan
      July 16, 2016 at 2:08 am

      Pake Handpresso praktis dan bisa dibawa kemana mana..cocok untuk traveller..

  • Reply
    ahmad
    September 15, 2015 at 2:22 am

    Kalau yg pas buat americano itu kopi dari daerah mana ya

    • Reply
      Valent
      June 18, 2017 at 1:39 pm

      Kopi yg pas buat americano biasanya yg memiliki roastingan yang gosong sehingga membuat kopi tersebut memiliki acidity dan body yg pas untuk americano. Biasanya kopi blending ( contoh blending region amerika latin dan asia pasifitk ) atau singel origin contohnya dr sumatra.

  • Reply
    hilmi hardimansyah
    November 1, 2015 at 1:30 pm

    Kopi tubruk + areng (bara) = kopijoss

  • Reply
    Sutrisno
    March 6, 2016 at 11:57 pm

    Lalu perbedaan Long Black dan Americano dari segi rasa gimana ya? Dengan bean yg sama,semua disamakan llu yg dibedakan hanya permasalahan tambah airnya duluan ato blakangan donk

    • Reply
      Valent
      June 18, 2017 at 1:35 pm

      Ya seperti yg td dibilanh diatas bro, untuk long black akan lebih terasa acidity dan bodynua pada slurp yg pertama karena crema ada diatas dan tidak merata espressonya. Sedangkan americano memiliki rasa yg merata karena crema sudah bercampur dengan air.

    Leave a Reply