Perbedaan Blade Grinder & Burr Grinder

Banyak orang yang tak tahu bahwa secangkir kopi nikmat sesungguhnya berasal dari satu langkah awal: proses penggilingan yang sempurna.

PENIKMAT kopi sejati takkan menilai kopi dari biji kopinya saja. Mereka akan menilai sebuah kesempurnaan secangkir kopi nikmat dari proses awalnya: penggilingan. Tak banyak yang tahu bahwa secangkir kopi sempurna berasal dari sebuah proses panjang. Ada banyak proses yang terlibat di sana sebelum kopi sampai kepada orang yang meminumnya. Salah satu proses yang tak bisa dipandang sebelah mata dan tentunya sangat menentukan rasa secangkir kopi adalah proses penggilingan. Tanpa proses penggilingan yang tepat, kopi nikmat takkan pernah terwujud.

Tak banyak yang tahu bahwa mesin penggiling atau coffee grinder adalah salah satu alat paling esensial dalam menghasilkan kopi sempurna. Grinder adalah penentu paling inti setelah biji kopi itu sendiri dalam menghasilkan kopi terbaik. Nah, buat kamu yang belum tahu tentang grinder, artikel ini mungkin akan membantu kamu dalam memilih grinder yang baik untuk kebutuhan sehari-hari.

Grinder sendiri terdiri dari dua jenis yaitu blade grinder dan burr grinder. Kedua grinder ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dan para penggunanya juga memilih sesuai kebutuhan mereka. Untuk lebih jelasnya, kami akan menjelaskan apa perbedaan dari kedua grinder yang sama-sama memiliki fungsi sama: menggiling kopi.

Blade Grinder

Blade grinder adalah mesin penggiling kopi yang paling ekonomis dan paling mudah digunakan. Blade grinder terdiri dari mata pisau penggiling yang sangat tajam yang berfungsi menggiling kopi dengan baik. Blade grinder biasanya sangat mudah digunakan, tinggal memencet tombol yang tersedia, maka biji-bji kopi yang digiling dapat hancur seketika. Kelemahannya adalah suara yang sedikit berisik dan juga hasil penggilingan yang tidak merata. Ukuran hasil gilingan yang dihasilkan blade grinder tidak presisi sehingga akan bisa mengubah rasa kopi. Selain itu, blade grinder juga memiliki kelamahan jika mata pisaunya panas saat melakukan proses penggilingan dan mata pisaunya bersentuhan dengan biji kopi, tentunya akan mengubah rasa kopi itu sendiri. Meski memiliki beberapa kelamahan, blade grinder juga memiliki kelebihan yang tak kalah baik. Ukurannya yang biasanya tidak terlalu besar memungkinkannya bisa dibawa kemana saja. Selain itu harganya yang terjangkau yang menjadikannya pilihan yang sangat tepat dimiliki untuk penikmat kopi pemula. Selain itu, grinder jenis ini juga menggiling sangat cepat dibandingkan grinder lainnya. Yah, tentunya sangat menghemat waktu kamu yang memiliki rutinitas yang segudang.

Burr Grinder

Burr grinder adalah mesin penggiling kopi yang memiliki mata pisau bergerigi yang menghancurkan kopi dengan konsistensi terbaik. Mata pisau bergerigi yang dimiliki burr grinder bekerja dengan sempurna sehingga mampu menghasilkan hasil gilingan secara presisi dan juga dengan ukuran yang sama. Karena memiliki konsistensi yang tinggi dalam menggiling, grinder ini adalah mesin penggiling yang paling akurat. Hasil gilingan memiliki keseragaman yang sama sehingga tetap menjaga cita rasa kopi pada saat diseduh. Berbeda dengan blade grinder yang memungkinkan mata pisau menjadi panas dan mengubah cita rasa kopi, burr grinder sama sekali tidak memiliki kelemahan tersebut karena bekerja dengan sistem yang berbeda. Kelebihan lainnya adalah burr grinder dilengkapi dengan pengaturan hasil gilingan, mulai dari fine sampai dengan coarse. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Burr grinder adalah pilihan tepat untuk kamu yang mengingkan kesempurnaan cita rasa dari secangkir kopi nikmat. Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, burr grinder tentunya juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah grinder ini tentunya lebih mahal dari blade grinder. Selain itu, mereka yang ingin memiliki burr grinder juga harus mempelajari sedikit tentang mesin ini. Karena burr grinder tidak seotomatis blade grinder yang bekerja dengan hanya ‘sekali tombol’. Ada pengetahuan tentang kehalusan dan penggunaannya yang harus anda ketahui. Meski begitu burr grinder adalah pilihan terbaik bagi kamu yang menginginkan hasil kopi yang terbaik pula. Jauh melampaui blade grinder tentunya.

Bagaimana? Kamu sudah tahu ‘kan perbedaan antara blade grinder dan burr grinder? Sekarang tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Jika kamu penikmat kopi pemula yang ingin menyeduh kopi segar dengan menggiling kopi sendiri, blade grinder adalah pilihan yang cukup untuk kamu. Sedangkan apabila kamu seorang penikmat kopi profesional yang menginginkan kesempurnaan di setiap cangkir kopi atau pebisnis kopi yang ingin memuaskan para kostumernya setiap hari, burr grinder adalah pilihan yang tak mungkin salah. Harus diingat, apapun jenis grinder terbaiknya, ada banyak faktor lain yang memengaruhi rasa kopi. Grinder hanyalah salah satu dari rangkaian proses yang menghasilkan kopi nikmat.

Selamat minum kopi, coffee lovers!

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

5 Comments
  1. artikel yg menarik. tp sya jg mau tanya, grinder manual itu tipenya burr atau blade? dan untuk grinder mesin otomatis tipe burr yg dijual di otten coffee nama alatnya apa?trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.