Perjalanan Buah Ajaib (Kopi) Dari Masa ke Masa

Kopi dinobatkan sebagai minuman yang paling banyak diminum oleh manusia per tahunnya. Tapi, apakah Anda tahu, bagaimana kopi dapat tersebar dan dikenal di seluruh dunia, bahkan menjadi salah satu minuman favorit di berbagai negara?

Daerah Afrika

Biji kopi pertama kali digunakan sebagai minuman pada abad ke 5 di daerah Ethiopia. Pada kala itu, kopi digunakan sebagai obat, karena efek menyegarkan dan berenergi yang ditimbulkannya. Kopi juga disebut sebagai buah ajaib.

Daerah Timur Tengah

Pada abad ke 7 dan 10 M, saat pemerintahan kalifah Islam menyebar hingga ke Afrika dan Eropa, biji kopi mulai dibawa ke Jazirah Arab. Disana, kopi digunakan sebagai minuman berenergi, jadi tidak hanya untuk obat. Bahkan, salah satu jenius kedokteran pada masa itu, Ibnu Sina, juga menyelidiki zat-zat kimia yang menyebabkan minuman ini memberikan energi lebih. Hal ini tercantum pada dokumen tentang ilmu kedokteran dan kesehatan yang ditulisnya.

Popularitas kopi semakin menyebar hingga ke Mekkah dan Madinah pada abad 14 M. Dan pada tahun 1453 M, kopi mulai dikenalkan di daerah Turki pada saat pemerintahan kekhalifahan Ottoman. Dan, di Turki ini pula, pertama kali didirikan kedai kopi dengan nama Kiva Han.

Daerah Eropa

Pada tahun 1615 M, kopi mulai dikenal di negara Italia. Kota yang pertama yang terjangkit popularitas kopi ini adalah kota Venesia. Namun, kopi sempat “diharamkan” oleh Paus Clement VII pada masa itu. Hal ini dikarenakan, banyak orang yang minum minuman ini menjadi terangsang. Selain itu, kedai kopi juga menjadi ajang untuk berdiskusi dan membicarakan hal-hal yang baru yang berujung pada revolusi yang terjadi saat itu.

Kopi mulai masuk ke Inggris pada tahun 1637 yang dibawa oleh bangsa Turki. Setelah itu, Inggris dilanda demam kopi. Banyak orang suka bahkan ketagihan minum kopi. Namun, pada  1675, Raja Charles II melarang kedai kopi dengan alasan yang sama dengan pelarangan oleh Paus Clement VII sebelumnya. Setelah itu, pada tahun 1700-an, kopi mulai dikenalkan di banyak negara di Eropa, dimulai dari Belanda, Perancis, Jerman dan negara-negara lainnya.

Daerah Amerika

Kopi mulai masuk Amerika Utara pada tahun 1668. Namun, salah satu titik balik penyebaran kopi di dunia adalah saat kopi dibawa masuk Perancis ke Brazil pada tahun 1727. Brazil berhasil mengembangkan kopi dan menjadikannya salah satu komoditas berharga di dunia. Kopi juga membawa negara ini menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, sampai sekarang.

Daerah Indonesia

Kopi mulai masuk ke Indonesia, setelah dibawah VOC yang menjajah Indonesia pada tahun 1696. Setelah itu, kopi berkembang dan sukses dibudidayakan di Indonesia. Bahkan, kopi menjadi salah satu komoditas ekspor menjanjikan hingga kini dan Indonesia menjadi penghasil kopi terbesar nomor 3 di dunia. Dan tentunya, Indonesia mempunyai kopi paling nikmat dan termahal di dunia, yaitu kopi Luwak.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.