PERNAH COBA KOPI DANDELION?

Jika mendengar nama dandelion mungkin yang terbersit di kepala kita adalah bunga cantik yang biasa tumbuh di alam bebas. Tapi tahukah kamu kalau dandelion juga bisa diseduh?

DANDELION Coffee atau kopi dari tanaman dandelion ini mendadak popular di beberapa negara. Bukan hanya karena rasanya yang enak tapi juga manfaatnya untuk kesehatan para peminumnya. Meski namanya ‘kopi’ sayangnya dandelion coffee ini ternyata tidak ada kandungan kopinya sama sekali. Yang menjadikannya selayaknya kopi adalah warnanya yang hitam dan rasanya yang ‘katanya’ mirip seperti kopi hanya saja tanpa rasa pahit dan asam.

Lalu bagian mana dari tanaman ini yang bisa diseduh dan dijadikan dandelion coffee? Dugaan kamu tentang menyeduh kelopak bunga dandelion sama sekali salah. Karena kopi dandelion ini ternyata diambil dari akar tanaman ini, bukan bunganya! Akar tanaman ini diambil kemudian dibersihkan. Setelah itu akarnya disangrai dan digiling halus. Setelah digiling halus lalu kamu bisa langsung menyeduhnya dengan air panas. Ya, cara menyeduhnya kira-kira hampir sama seperti menyeduh kopi tubruk. Sesederhana itu.

credit : elanaspantry.com

Bagaimana rasa kopi dandelion ini? Meski tanpa kopi, ternyata ada sentuhan rasa kopi sedikit pada rasanya. Tentunya dengan aroma bunga dan sedikit manis di akhir tegukan. Yang jelas membedakannya dengan kopi adalah rasa pahit dan asam yang hampir tidak ada di sini. Dan juga kopi dandelion tidak mengandung kafein sama sekali. Jadi bisa menjadi alternatif untuk kamu yang pengin ngopi tapi tak mau terkena efek dari kafein.

Bagian terbaiknya kopi dandelion ini mengandung banyak sekali khasiat yang baik untuk kesehatan. Manfaatnya antara lain akarnya ini mengandung Vitamin A dan mineral seperti potasium yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kopi dandelion ini juga membantu kelancaran pencernaan kamu dan mendukung fungsi hati. Jadi kopi dandelion ini sebenarnya adalah alternatif minuman yang sebaiknya dikonsumsi karena rasanya enak dan juga baik untuk kesehatan kita.

Kira-kira ada yang sudah coba kopi dandelion nggak? Boleh sharing pendapatnya di kolom komentar ya!

Disunting dari thekitchn.com

Foto deliciouslyorganic.net

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.