PERNAH DENGAR ALAT SEDUH BERNAMA KALITA KANTAN?

Nama Kalita memang sudah tak asing di industri kopi dunia. Tapi pernahkah ada yang tahu bahwa Kalita juga pernah peluncurkan brewer sekali pakai yang bisa digunakan  saat kamu di perjalanan?

TUNGGU dulu, Kalita Kantan yang satu ini bukanlah paper filter sekali pakai yang setelah digunakan sebagai penyaring kopi lalu dibuang. Bukan, Kalita Kantan bukan hanya sekedar penyaring kertas saja. Kalita Kantan adalah penyeduh yang sekali pakai yang juga terbuat dari KERTAS.

Jadi begini, saat kita melakukan perjalanan entah urusan bisnis ataupun pelesir biasanya merasa kerepotan jika harus membawa seperangkat alat seduh. Di sini Kalita Kantan memainkan peranannya. Kalita Kantan adalah sebuah penetes kopi yang terbuat dari kertas dan bisa dipakai sekali saja. Ukurannya yang kecil dan dikemas rapi terlipat dan tipis memungkinkan kamu membawa alat ini kemana-mana.

 

 

Kalita Kantan sekilas serupa coffee drip yang biasa dijual di pasaran hanya saja dia tanpa kopi. Jadi jika kamu menggunakan Kalita Kantan kamu harus menyiapkan kopi kamu sendiri karena dia hanyalah coffee dripper saja. Ukurannya yang kecil mampu menampung 12 – 15 gram kopi. Biasanya hanya untuk secangkir kopi berkapasitas kira-kira 220 – 250 gram saja.

Cara menggunakannya sama seperti menggunakan coffee drip yaitu dengan meletakkannya di atas cangkir. Lalu dibilas dengan air panas terlebih dahulu. Setelah itu lalu seduh seperti biasa layaknya menyeduh dengan Kalita Wave, Kalita Flat Bottom atau Kalita Tsubame. Lalu bagaimana dengan hasil seduhannya? Hasilnya mungkin akan ada perbedaan karena bentuknya yang tidak mengerucut layaknya Kalita jenis lain. Pun mungkin agak sedikit papery. Tapi harus kamu ingat bahwa Kalita Kantan adalah sebuah alternatif menarik yang memudahkan siapa saja ngopi di mana saja.

Karena sifatnya yang disposable, Kalita Kantan sering dinilai tidak ramah lingkungan. But again, Kalita Kantan is from paper. Jadi tentu bisa didaur ulang. Saya sendiri mau mencoba Kalita Kantan jika ada yang menjual. Siapa tahu bisa menemukan serunya ngopi karena alat kopinya unik dan berbeda. Oh iya, di sini ada yang sudah pernah coba Kalita Kantan?

Foto utama dari manualbrewing.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.