PERNAHKAH KAMU MENYEDUH KOPI DENGAN AIR REMPAH?

Tak ada yang salah dengan cara menikmati kopi. Semua orang boleh bereksperimen dengan cara paling absurd sekalipun, termasuk menyeduh dengan air seduhan rempah.

AWALNYA saya sempat mengernyitkan dahi karena seorang teman yang juga seorang barista mengatakan bahwa dia gemar menyeduh kopi dengan air rebusan rempah-rempah. Katanya rempah-rempah memberi ciri khas yang asyik jika dicampur kopi dan tentunya berkhasiat baik untuk kesehatan. Ya, kita semua tahu bahwa kopi sendiri pun terkadang memiliki karakteristik rempah-rempah itu sendiri. Namun menyeduh manual dengan air rebusan rempah rasanya belum pernah melintas di pikiran saya.

Credit : 1zoom.net

Akhirnya saya pun mengulik lagi bagaimana caranya dan rempah apa yang digunakan. Ternyata rempah yang digunakan rupa-rupa. Bisa jahe yang dimemarkan lalu dicampur cengkeh dan kayu manis. Direbus hingga mendidih dengan air lalu didiamkan 4 menit hingga suhunya turun. Setelah itu dipakai untuk menyeduh seperti biasa. Kamu bisa menggunakan alat kopi favoritmu. Mulai dari pour over, Aeropress, French Press hingga tubruk.

Credit by healthforeach.com

Lalu bagaimana rasanya? Rasanya secara mengejutkan cukup nikmat untuk saya yang sempat meragu ini. Ada sensasi hangat jahe, manis kayu manis dan sentuhan cengkeh yang khas. Tapi tergantung jenis kopi apa yang dipakai seduh juga. Jika single origin yang kamu pilih nikmat, maka akan nikmat jugalah seduhannya.

Oh iya, secara medis tiga rempah-rempah ini baik untuk meningkatkan imun tubuh, mengurangi perut kembung dan bekerja sebagai antiinflamasi yang mencegah peradangan. Jadi untuk kamu yang ingin mencoba menyeduh kopi dengan rempah-rempah sebaiknya dicoba. Siapa tahu suka!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.