PERUSAHAAN DI TAIWAN MEMBUAT BAJU DARI KOPI

Kopi di minum? Sudah biasa. Kopi dijadikan produk kecantikan? Sudah familiar rasanya. Namun kini kopi disulap menjadi pakaian yang bisa dikenakan siapa saja.

KAMI pun awalnya sukar percaya bahwa bubuk kopi yang biasa diseduh ternyata bisa disulap menjadi pakaian yang bisa dikenakan sehari-hari. Adalah perusahaan asal Taiwan bernama Singtex yang dengan luar biasa menciptakan bubuk kopi sisa seduh dan botol plastik menjadi bahan baku untuk membuat kaos.

Menurut CEO Singtex yang juga merupakan generasi ketiga dari textile maker Jason Chen, ide membuat bahan baku kaos dari bubuk ini muncul di kepala pada 2005. Waktu itu Jason Chen dan istrinya Amy sedang menikmati kopi mereka di Starbucks. Dan Amy melihat ada segerombol orang tua mengumpulkan bubuk kopi sisa seduh di counter Starbucks. Mereka berdiskusi bahwa kopi memang bisa menghilangkan bau tak sedap. Namun kenapa tidak dijadikan baju sekalian.

Setelah ide itu muncul akhirnya Jason Chen meluncurkan sebuah brand bernama S.Cafe. Mereka melakukan riset lebih dari 4 tahun dan menginvestasikan uang sebesar $ 1.7 milyar. S.Cafe secara menakjubkan menjadi bahan baku kain pertama yang berasal dari kopi. Dan seiring berjalannya waktu, hingga detik ini S.Cafe telah digunakan lebih dari 110 klien yang tersebar di seluruh dunia. Brand besar seperti North Face, Timberland, North Face, REI, Adidas, American Eagle bahkan Victoria’ Secret menggunakan S.Cafe dalam menciptakan produk mereka.

Siapa yang menyangka bahwa ampas kopi yang biasanya hanya berakhir di tong sampah bisa menjadi bahan baku dan disulap menjadi produk dengan daya jual yang begitu tinggi. Dan tak hanya menjadi baju saja pada awalnya, bubuk kopi ini bermanuver menjadi sepatu dan bahkan pakaian dalam bagi merek ternama yang diakui dunia.

Jadi bagaimana? Apakah kamu penasaran juga mengenakan pakaian, sepatu dan produk lainnya yang berasal dari ampas kopi?

Disunting dari vice.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.