PRESIDEN JOKOWI BELAJAR SOAL KOPI

Ada yang menarik di acara Festival Terampil 2019 lalu karena Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo terlihat antusias mempelajari soal kopi.

ACARA ini sontak menjadi sorotan para pelaku industri kedai kopi di Indonesia. Bagaimana tidak karena presiden negeri ini terlihat mengenakan apron layaknya barista profesional dan melakukan sesi coffee cupping yaitu mengevaluasi dan menilai aroma dan rasa kopi. Didampingi oleh Evani Jesslyn, owner First Crack Coffee dan Strada Coffee ini tampak Bapak Joko Widodo melakukan coffee cupping pada lima jenis single origin yang berbeda.

Seperti dikutip dari Tempo.co, Presiden Joko Widodo cukup antusias mengenal jenis-jenis kopi yang di-cupping-nya. Salah satu jenis kopi tersebut adalah kopi Pogapa dari Papua. Single origin dari Lembah Baliem ini  memiliki aroma cokelat dan hezelnut. Selain itu presiden juga mencoba Kopi Toraja dan Kopi Bali dengan aroma buah dan kopi robusta.

Pada Festival Terampil 2019 yang berlangsung di  The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta pada 10 Februari kemarin ini presiden ingin menggalakkan semangat para enterpreneur muda agar menggeliat membangun bisnisnya sendiri. Presiden juga sempat menyinggung kesuksesan kedai kopi Tuku yang mampu merebut hati para penikmat kopi. Menurutnya produk lokal juga mampu diminati banyak penikmat kopi dan tak kalah enak dan berkualitas dari produk luar negeri.

Festival Terampil 2019 ini sendiri adalah

kegiatan kolaborasi antara Kementerian BUMN melalui ‘Spirit of Millenials BUMN’ dengan Inisiator Indonesia untuk membuat pelatihan bagi anak muda (inews.id). Dan selain kopi, ada beberapa pelatihan lain yang dilakukan antara lain fashion, fotografi, bisnis digital dan make up atau kecantikan.

Foto utama dari detik.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.