PRESIDEN SOEKARNO JUGA PEMINUM KOPI

Berbicara tentang Hari Kemerdekaan tentu takkan lepas dari sang proklamator Ir. Soekarno. Siapa sangka, bapak bangsa ini ternyata juga pecinta kopi.

HARI Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 tinggal menghitung hari. 17 Agustus adalah sebuah tanggal sakral tempat lahirnya sebuah bangsa besar yang menjadi tempat tumbuhnya kopi-kopi nusantara nikmat tak terbantahkan. Dan berbicara soal Hari Kemerdekaan Indonesia, tentunya tak lepas dari sang proklamator. Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia adalah tokoh terpenting dalam sejarah negeri ini. Tanpanya mungkin segala tentang nusantara raya takkan pernah sama.

Credit : penakisemar.files.wordpress.com
Credit : penakisemar.files.wordpress.com

Menariknya, Ir. Soekarno ternyata diketahui adalah seorang peminum kopi aktif. Semasa hidupnya dia selalu mengonsumsi kopi setiap hari secara rutin. Beberapa sumber terpercaya mengatakan bahwa Ir. Soekarno selalu mengonsumsi kopi setiap pagi untuk mengawali hari. Kopi yang dia pilih adalah kopi tubruk sederhana yang menjadi teman sarapan roti diolesi mentega dan gula. Salah seorang ajudannya mengatakan Ir. Soekarno selalu menikmati kopi tubruk dengan resep yang sama yaitu satu sendok kopi ditambah satu setengah sendok teh gula. Kopi tubruk sederhana yang manis ini kerap dinikmati sepanjang beliau hidup. Resep dan komposisi kopi ala sang presiden tidak pernah berubah. Mengawali hari dengan ngopi dinilai baik oleh beliau agar lebih fokus menjalani hari sebagai pemimpin yang harus membuat keputusan-keputusan penting.

Credit : penakisemar.wordpress.com
Credit : penakisemar.wordpress.com

Ir. Soekarno adalah salah satu pemimpin bangsa yang diketahui tidak pernah mengonsumsi minuman beralkohol. Beliau sering diundang di acara kenegaraan di luar negeri yang seringnya menyajikan alkohol dengan rendah hati beliau tidak mengonsumsinya. Ir. Soekarno lebih memilih kopi jika acaranya di pagi hari dan air jeruk jika acaranya sore dan malam hari. Kebiasaannya yang positif ini sangat dihormati berbagai kalangan termasuk para pemimpin negara-negara lain.

Nah, jika presiden pertama kita saja gemar minum kopi, kenapa kita tidak turut serta minum kopi juga. Hitung-hitung meniru kebiasaan baik sang presiden dalam memulai hari agar lebih fokus menghadapi kesibukan seharian. Ngomong-ngomong, sudah ngopi hari ini?

Foto utama diambil dari warungasep.net

single-origin kopi

504 total views, 8 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.