PRISMO; MENINGKATKAN POTENSI SEDUHAN AEROPRESS

Siapa yang tak kenal metode seduhan aeropress, keistimewaan rasa hasil sajian seduhan menggunakan aeropress, seperti punya sisi magisnya tersendiri yang dengan mudah menjadi popular di kalangan penikmat kopi.

WALAUPUN gaya seduhan aeropress masih menyisakan pertanyaan, apakah pada teknik seduhan tertentu menggunakan aeropress dapat hasilkan sajian espresso, dan apakah aeropress bisa digolongkan ke sejajar dengan Caflano, Staresso dan espresso maker portabel lainnya. Pertanyaan yang menjadi rahasia umum kalangan barista ini berkembang menjadi eksperimen-eksperimen kecil di bar-bar mereka. Dengan rasio air untuk sajian espresso, kemudian menggunakan paper filter agar bubuk kopi tertahan sementara sebelum dipress secara cepat, dan improvisasi ini diakui dapat menghasilkan espresso seperti espresso maker portabel pada umumnya.

Biarlah ada yang menganggap sajian tersebut belum layak disebut espresso, dan sebagian lain sepaham bahwa aeropress dapat menyajikan espresso. Karena menurut kami kopi tidak dapat dimaknai secara sederhana, kopi akan punya makna tersendiri buat para penikmatnya. Hingga kini banyak yang mencoba memaknai kopi, dilihat dari bagaimana kopi dan alat-alat seduhannya berkembang mengikuti era. Kita yang beranggapan aeropress tak mampu hasilkan sajian espresso, mungkin akan berubah pikiran setelah melihat aksesoris alat kopi satu ini.

credit: fellowproducts.com

FELLOW PRISMO

Prismo merupakan produkan dari Fellow adalah aksesoris filter untuk aeropress dan sama sekali tidak ada afiliasi dengan perusahaan yang memproduksi aeropress. Untuk beberapa orang mungkin mengenal perusahaan Fellow dari produk kettle mereka yang elegan. Yup, Fellow memiliki produk kettle yang berbeda karena desainnya yang unik dan juga dapat menjaga konsistensi aliran air ketika seduhan, Stagg Pour Over Kettle. Dan kini Fellow memperkenal Prismo untuk upgrade aeropress coffee maker kamu.

Pada rasio espresso dengan Prismo katanya hasil seduhan aeropress kita lebih memiliki karakter rasa yang kaya, syrupy dan full body. Mungkin ini karena air seduhan yang dipress melalui filter pada Prismo yang menahan bubuk kopi akan diarahkan pada satu lubang keluar. Dan siapa yang mengira ada krema di hasil sajiannya.

credit: fellowproducts.com

Melihat teaser video dari Prismo, filternya dapat dilepas dan mudah untuk dibersihkan untuk digunakan kembali. Jika aeropress pada umumnya ada tetesan akhir yang jatuh pada press plunger terakhir, filter Prismo ada katup yang tidak menyebabkan tetesan akhir ketika selesai menekan plunger.

Bisa dibilang rahasia kehebatan filter Prismo ini ada pada lubang untuk mengalirnya air ekstraksi kopi menuju cangkir kita. Sehingga air seduhan optimal terekstraksi melalui bubuk kopi dan menuju hanya satu lubang, berbeda dengan filter aeropress umumnya yang memiliki lubang keluar yang banyak hingga aliran ekstraksi kopi tidak pada satu titik.

Bagaimana menurut kamu, tertarik dengan aksesoris aeropress satu ini, cek fellow prismo di sini.

src: dailycoffeenews.com fellowproducts.com img: google image

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.