PROMOSI KEDAI KOPI, OPTIMALKAN PENGGUNAAN INSTAGRAM

Memanfaatkan jejaring media sosial untuk promosi kedai kopi lokal, mengapa tidak.

ERA digitalisasi sekarang ini tiap orang tentu memiliki smartphone untuk kebutuhan hidupnya. Bahkan seseorang yang teringin untuk ngopi, mencari informasi tempat ngopi dengan melihat instagram. Bisa dipastikan, tampilan dari profil sebuah akun instagram kedai kopi adalah kesan pertama dari calon pengunjung yang mencari tempat ngopi favorit mereka. Oleh karenanya, memanfaatkan instagram sebagai platform marketing untuk kedai kopi menjadi suatu hal yang penting.

Tidak heran, beberapa kedai kopi lokal hingga menyewa jasa freelancer untuk menangani media sosial demi kebutuhan marketing. Mengambil foto sebagus mungkin untuk menarik minat banyak orang berkunjung ke kedai kopi. Untuk beberapa pemilik kedai kopi, tidak sedikit yang masih belum yakin instagram bisa mendatangkan pengunjung. Bahkan kalau pun ada akun instagram untuk kedai kopi, tidak dikelola dengan baik, mengunggah foto hanya kalau terlintas dan teringat. Untuk yang ingin mulai menggunakan instagram atau mengoptimalkan instagram sebagai kebutuhan marketing kedai kopi, berikut sedikit tips.

Konsistensi
Menggunakan instagram sebagai promosi kedai kopi bisa menjangkau banyak orang menjadi sadar keberadaan dari kedai kopi itu sendiri. Konsistensi secara berkala menggunggah suasana kedai kopi, foto sajian kopi, dan segala hal yang perlu untuk menciptakan citra brand kedai kopi menarik. Atur jarak unggah foto, 2 foto sehari atau pun 2 foto tiap seminggu, yang paling terpenting konsistensi untuk menciptakan keterikatan pada follower instagram.

Kualitas Konten
Analisa konten yang telah diunggah, seperti apa foto yang disenangi oleh follower, hashtag seperti apa yang sesuai untuk akun instagram kedai kopi. Mengoptimalkan instagram untuk kebutuhan marketing kedai kopi bukan berarti hanya sekadar unggah foto, lebih dari itu bagaimana cara agar konten kedai kopi bisa menjangkau banyak orang di Instagram. Caption dari foto yang diunggah pun, bukan sekadar tulisan pelengkap foto tapi bagaimana caranya bisa menghidupkan suasana saling berinteraksi dari sebuah cerita di caption.

Give Away
Tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu untuk fokus mengoptimalkan instagram, bahkan beberapa orang tidak ragu untuk menghabiskan biaya untuk meningkatkan jangkauan dari sebuah postingan. Sesekali penting, memberikan hadiah untuk mengapresiasi pengunjung yang juga termasuk follower melalui instagram. Apakah itu kopi gratis, atau voucher discount dan segala bentuk promo lainnya. Tips mengadakan give away di instagram untuk kedai kopi lokal.

  • Tentukan tujuan diadakannya give away, seperti meningkatkan follower, meningkatkan jangkauan, dll
  • Posting syarat dan ketentuan give away yang diperlukan, seperti like postingan, tagging teman, dll.

Bagaimana pun juga, penggunaan instagram sebagai lahan promosi harus seimbang dengan pelayanan di kedai kopi. Jadi tidak ada yang kecewa, semisal seseorang menemukan kedai kopi kamu melalui instagram dan berkunjung untuk ngopi, tapi tidak semenarik seperti yang dibayangkan sebelumnya dari tampilan instagram.

Tidak sedikit juga yang menggunakan instagram untuk riset menanyakan sajian kopi seperti apa yang mereka favoritkan. Penggunaan instagram secara optimal bisa melebihi ekspektasi tentang pemahaman akan marketing selama ini. Sebagai manager kedai kopi, sudahkah mengoptimalkan penggunaan instagram untuk kedai kopi kamu?

src: baristamagazine.com img: pixabay.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.