PUDING TERBUAT DARI KOPI, MENGAPA TIDAK?

Untuk teman kamu yang tak hobi dengan minuman kopi, coba sajikan puding dari kopi, mungkin akan jatuh cinta.

SIANG yang begitu panas atau di sore yang penuh dengan aktifitas, bersantai dengan puding kopi tidak ada salahnya. Awalnya juga heran, kok bisa puding dari kopi, namun merujuk pada sajian iced coffee jelly, mengapa tidak. Jika puding yang biasa dibuat dengan rasa coklat atau buah-buahan, berikut ini puding dari ekstraksi kopi. Bagaimana karakter rasanya, tentu akan menjadi penasaran, mungkin sekilas tentang resep ini bisa dicoba di rumah.

Bahan yang dipersiapkan tidaklah terlalu sluit, hanya saja kita harus memiliki alat kopi di rumah untuk memudahkan kita mempersiapkan air ekstraksi kopinya nanti. Alat kopi yang fleksibel dan sesuai untuk di rumah sangatlah banyak, kami merekomendasikan AeroPress, MokaPot, atau French Press sebagai teman seduh kopi di rumah. Selanjutnya, kita dapat bereksperimen dengan sajian kopi kita.

Bahan yang diperlukan
Kopi 500ml (opsional)
Gula Secukupnya (opsional)
Air Hangat Secukupnya
7 gr Bubuk Agar Agar

Cara buat
1. Campurkan gula ke kopi yang sudah disediakan, bila ingin karakter rasa asli dari kopi, lebih baik tidak perlu ditambahkan gula.Pun jika ingin lebih terasa kopinya, cobalah dengan rasio kopi 1:10 atau banyakin kopinya untuk hasil 500ml.
2. Campurkan air secukupnya untuk melarutkan bubuk agar agar, gunakan bubuk agar agar seperlunya, bila ingin tekstur yang tidak terlalu kenyal maka gunakan bubuk agar agar sedikit saja.
3. Selanjutnya, campurkan larutan bubuk agar agar tadi ke air kopi, dan kemudian masukkan ke wadah loyang atau wadah agar agar. Masukkan ke air kopi yang sudah bercampur larutan agar agar tadi ke kulkas, tunggu selama 5 jam.

credit: sethlui.com

Hasil akhirnya tergantung kesukaan kita, apakah menjadi puding dengan agar agar disajikan bersama creamer, atau iced coffee jelly disajikan bersama iced coffee latte dan float. Selamat mencoba.

src & img: spoonuniversity.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.