PUNYA KOPI YANG KURANG ENAK? JANGAN DIBUANG!

Ada kalanya kita mendapatkan kopi yang tidak sesuai lidah dan selera. Tak apa, disiasati saja agar bisa dinikmati dengan suka cita.

SAYA cukup pilih-pilih dalam menikmati kopi apa yang hendak saya seduh. Tapi seringnya kita tidak selalu beruntung mendapatkan kopi sesuai selera kita atau kadang kita diberi hadiah kopi yang rasanya membuat pusing kepala. Untuk situasi-situasi menjengkelkan seperti ini, saya kerap memutar otak agar kopi-kopi ini tak berakhir di tong sampah atau di pot tanaman menjadi pupuk yang menyuburkan.

Kopi-kopi yang sudah terlanjur dimiliki tapi enggan diseduh karena rasanya yang kurang aduhai, biasanya saya olah menjadi beberapa minuman. Kopi yang tidak sesuai selera kita memang harus mendapat perlakuan ‘spesial’ agar bisa dinikmati dengan keriaan yang tak terbantah.

Lalu bagaimana siasat saya dalam menghadapi kopi-kopi ini?

  1. Dijadikan coffee cubes. Tahukan kopi yang diseduh lalu dibekukan di cetakan es? Nah, ini adalah cara terjitu. Biasanya saya campurkan stroberi dipotong kecil-kecil atau irisan lemon. Diseduh dulu seperti biasa dengan alat seduh favoritmu, lalu bekukan, tambahkan buah dan voila! Jadilah semacam minuman dingin yang bisa kamu campurkan dengan susu atau jus jeruk. Segar benar!
  2. Diseduh dengan kental manis atau madu. Biasanya dalam situasi begini kekuatan Vietnam Drip sering diperhitungkan. Kopi-kopi yang terlalu gosong dan pahit saya jadikan Iced Vietnam Drip atau Hot Vietnam Drip. Jika bosan dengan kental manis, biasanya saya tambahkan madu atau gula aren. Kopi pahit yang tak nikmat itu pun senantiasa melebur rasanya dengan bahan-bahan lain.
  3. Jika kopi yang kamu punya benar-benar sudah parah alias tidak mungkin lagi diolah menjadi minuman apapun, biasanya saya takkan buru-buru membuangnya. Giling medium lalu campurkan minyak zaitun dan jadi scrub yang melembutkan kulit sudah pasti. Atau segeralah sulap menjadi pengharum kamar mandi atau pengharum lemari es. Dengan begini kamu takkan merasa bersalah telah membuang kopi yang proses perjalanannya begitu panjang dan melibatkan banyak tangan yang sudah bekerja keras.

Semoga membantu ya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments
  1. Solusi terbaik belilah kopi di rostingan terkenal dan terbukti, kopi kalau sudah bau tengik ( rosting bean berminyak terlalu lama di simpan dan teroksidasi ) atau bau apek ( rosting bean yg rusak ada lubang2 biasa nya bau apek) solusi terakhir di pakai untuk karbon menyerap bau atau kelembaban,

  2. Kopi gak enak bukan hanya apek, tapi bisa juga karena prosesnya yang salah, dari penjemuran sampai roasting. Atau juga karena proses penyeduhannya, berkaitan dengan rasio, timing dan tehnik. Kalau sudah rasanya tidak enak, seperti alkaloid ( pahit yang seperti obat generik ), solusiku biasanya diberi susu kental manis. Cuma kalau rasanya yang terlalu water, solusinya seperti apa ya?

  3. di kedai saya, minuman ini namanya ice cube milco, jadi minuman favorit ini, best seller malah, terutama buat mereka yang gak terlalu suka sama kopi, karena lebih dominan ke susu, kopinya berasa hanya pada saat es kopinya mencair. tapi ice cubenya bukan dari kopi basi / lama, tetap dari kopi robusta yang fresh…
    ( @kotara_kedaikopinusantar )

Leave a Reply

Your email address will not be published.