Q-KAFFA SPECIALTY COFFEE MELAKA

Siapa sangka saya menemukan sebuah gerobak kopi yang justru menjadi persinggahan favorit saya di Melaka.

MALAM itu saya sedang ‘main’ di sekitaran Little India Melaka. Ke kota manapun di Malaysia, saya pasti selalu menyempatkan diri mampir ke Little India. Entah untuk sekedar makan atau masuk dari satu toko ke toko lainnya. Buat saya Little India memberi kesenangan sendiri. Dan pada malam ini saya melihat gerobak berwarna hijau yang dipenuhi alat-alat kopi. Lokasinya tepat menempel pada sebuah hostel bernama Discovery Cafe. Tapi karena sudah larut, saya urungkan untuk singgah sambil berjanji dalam hati besok musti ngopi di sini.

Siang harinya kembalilah saya ke gerobak kopi yang kemudian saya tahu bernama Q-Kaffa Specialty Coffee. Sayang pada saat saya datang sang pemilik sedang pergi entah kemana. Jadi saya tidak bisa memesan kopi yang diseduh manual. Karena gerobak ini memang hanya dioperasikan oleh satu orang. Jadilah kami hanya memesan es kopi susu botolan.

Namun sepertinya nasib baik sedang berada di tangan kami. Tidak berapa lama menunggu, sang pemilik datang dengan senyum lebar. Maka gerobak kopi yang penuh dengan alat kopi ini akhirnya ada yang mengendalikan. Jangan pikir gerobak ini tak memiliki alat kopi canggih. Saya saja sampai takjub melihat satu per satu alat kopi yang ‘nampil’ di sana.

Untuk ukuran gerobak kopi dia memiliki sebut saja brand kopi semacam Acaia Pearl, Kalita Kettle, Hari V60, aneka milk jug, cold dripper, moka pot Bialetti, syphon beserta beam heater-nya serta lain-lain sebagainya yang tak bisa saya sebut satu per satu. Saya yang sudah tak sabar menanti akhirnya memesan single origin Panama kalau tidak salah diseduh pour over. Aih mantap sangat, kawan! Salut dengan rasa kopi yang fruity and bright meski hanya lahir dari sebuah gerobak.

Tak hanya perkara rasa kopi dan ragam alat kopi, ternyata owner-nya (oh god I forgot his name) tahu banyak soal kopi. Bahkan dia bercerita pernah berburu cangkir kopi tua di Jepang yang di dasar cangkirnya tersimpar gambar geisha. Ya, dia meminjamkan cangkir ini pada saat memberi saya kopi gratis dari roastery Philocoffeea Roastery & Laboratory. Seru sekali percakapan kami soal kopi. Mulai dari kultur di Melaka hingga keingannya memiliki gooseneck kettle Monarch Methods. Bahkan dia suruh saya bawa dari Indonesia. Ha-ha-ha.

Semakin sore percakapan kami makin panjang. Dan sementara itu dia menyuguhkan lagi cold brew gratis racikannya yang saya lupa dari single origin apa saja. Sebuah kekaguman besar lahir sore itu. Betapa nikmat dan pengalaman soal kopi ternyata tak hanya tiba di ruang-ruang mewah, luas dan berpendingin. Di teras sebuah hostel dengan gerobak hijau mentereng pun keseruan tiba tanpa kendali.

Saya sarankan untuk siapa saja yang mencintai kopi dan mampir ke Melaka Malaysia, sempatkan ngopi di Q-Kaffa Specialty Coffee. Ada banyak cerita dan rupa-rupa kisah yang bisa kamu teguk. Karena tempat ngopi yang baik tak hanya menawarkan rasa tapi juga kisah sepaket dengan kenangannya. Ah sedap sekali memang, kawan!

Q-Kaffa Specialty Coffee

Discovery Cafe (dekat Little India)

 3, Jalan Bunga Raya, Kampung Jawa, 75100 Melaka, Malaysia

Buka pukul 4 sore. Senin Tutup.

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.