RAGAM POUR OVER TANPA PAPER FILTER!

Banyak yang mengira bahwa metode seduh pour over haruslah menggunakan coffee dripper dengan paper filter sekali pakai. Padahal ada banyak jenis coffee dripper yang menggunakan saringan yang bisa didaur ulang!

BAGI kamu yang menjalankan gaya hidup zerowasting dan eco-friendly, menggunakan paper filter sekali pakai bukanlah pilihan yang dengan suka cita kamu pilih. Kamu pasti memilih aneka hal yang bisa didaur ulang dan dipakai berkali-kali. Nah, untuk kamu yang. gemar minum kopi dengan metode seduh pour over namun tak terlalu bahagia dengan paper filter sekali pakai, maka kami merekomendasikan beberapa coffee dripper yang bisa kamu pilih sebagai teman seduhmu! Apa saja alat seduh itu, simak jawabannya di bawah ini!

Credit : katherine-louise.com

Cloth Filter

Penetes kopi yang satu ini cara kerjanya mirip pour over method lainnya hanya saja menggunakan material kain sebagai penyaringnya. Cloth Filter juga biasanya dilengkapi gagang yang mempermudah penyeduh dalam menyeduh kopi. Cloth Filter berukuran besar kerap ditemui di kedai-kedai kopi tradisional dan masyarakat umumnya mengenal alat seduh ini sebagai ‘kopi saring’.

Metal Filter

Seperti namanya tentulah alat seduh ini terbuat dari material metal seperti stainless steel. Metal filter hadir lewat bentuk penyaringnya saja dan ada pula yang sepaket melekat dengan coffee dripper-nya. Penyaring kopi jenis ini umumnya didesain apik dengan lubang mikroskopik yang membantu menghasikan kopi yang aromatik, body dan tentunya nikmat. Beberapa brand alat kopi yang menjual dripper jenis ini adalah Hario, Kinto dan banyak lagi.

Walkure

Bagi yang belum tahu, Walkure adalah alat seduh dari Jerman yang terbuat dari material porselain. Walkure terdiri dari dua bagian yang itu penyaring dan server-nya. Keduanya terbuat dari porselain. Alat seduh ini tidak membutuhkan paper filter karena didesain sedemikian rupa. Desainnya klasik dan hasil seduhannya unik namun tak kalah nikmat. Material porselainnya membuat kopi bertahan lebih lama suhunya sehingga menghasilkan rasa yang maksimal.

Dari ketiga alat seduh ini, yang mana yang ingin kamu miliki?

 

Foto dari heslcfoodie.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.