RAHASIA TENTANG KINTO FARO YANG HARUS KAMU KETAHUI

Kinto Faro, sekilas masih terdengar asing, namun tidak untuk mereka yang menyukai ritual seduh yang hikmat. Kinto Faro merupakan alat kopi dengan penerapan metode dripper.

SISI lain tentang Kinto Faro tidak banyak yang mengetahuinya, masih terhitung sedikit dari penikmat kopi yang dapat melihat esensi dari alat kopi satu ini. Kinto Faro adalah salah satu series alat kopi yang dikeluarkan oleh perusahaan Kinto Co di Jepang, yang fokus terhadap pembuatan alat-alat kopi dengan mengedepankan keindahan. Ini sebabnya Kinto Faro memiliki esensi yang berbeda dari kerabat dripper lainnya.

Jika dripper lain seperti Hario V60 dengan rekaan yang mengkerucut mungkin akan membantu ekstraksi si kopi, lalu bagaimana dengan Kinto Faro yang memiliki reka bentuk yang tidak biasa untuk sekelas dripper. Apakah menggunakan Kinto Faro dapat menghasilkan sajian kopi yang nikmat?

Sebelum menilik karakter rasa kopi yang disajikan menggunakan Kinto Faro, mari sama-sama menilik sisi lain alat kopi satu ini.

Mengapa Kinto Faro Begitu Stylish?
Jika chemex berhasil memikat hati orang banyak dengan desainnya yang unik, begitu juga Kinto Faro yang berhasil menarik perhatian banyak penikmat kopi. Kinto Faro didesain oleh desainer terkenal asal Jepang, adalah Kosei Shirotani dibalik kesuksesan series “Faro”. Terinspirasi dari bentuk menara mercusuar di Itali, karena seorang Kosei cukup lama menetap di Itali serta banyak pencapaian bergengsi dalam hal desain, tidak heran banyak reka desainnya cukup menarik perhatian. Alhasil, Kinto Faro memiliki bentuk unik yang memang mirip menara yang meningggi, terdiri dari dripper, stainless steel filter, server serta tutupnya.

credit: search engine

Bagaimana Dengan Bahan Pembuatan Kinto Faro?
Yang menjadi pertimbangan seseorang membeli alat kopi selalunya bahan alat kopi tersebut, apakah mudah dibersihkan, atau bahannya bertahan lama. Kinto Faro dibuat dari bahan porselen berkualitas, semakin indah lagi porselen ini mengkilap tidak seperti porselen biasa. Porselen yang berkualitas sederhananya ditandai seberapa lama wadah porselen menyimpan suhu panas, sehingga seduh kopi menggunakan Kinto Faro akan menyimpan kopi di suhu panas yang cukup lama.

Mengapa Kinto Faro Menggunakan Filter Permanen?
Perihal rasa yang tersaji tidak diragukan lagi, perbedaan steel filter dan paper filter pastinya berbeda. Menggunakan paper filter minyak kopi akan tersaring sehingga rasa kopi akan menjadi lembut, berbeda jika menggunakan steel filter. Filter permanen ini pun tidak membutuhkan paper filter sehingga dapat lebih menghemat pengeluaran dalam penggunaannya. Untuk membersihkannya sangat mudah cukuplah menggunakan coffee cleaner seperti Puro atau Cafetto. Filter ini dibuat dari stainless steel dengan jejaring yang halus dan rapi, sehingga tidak ada sisa endapan pada sajian kopi.

credit: flickr

Bagaimana Menyeduh Kopi Dengan Kinto Faro?
Sama halnya menyeduh dengan alat kopi lainnya, di tahap awal perlunya preheat untuk menstabilkan suhu pada alat kopi. Kemudian siapkan bubuk kopi yang akan kamu seduh dengan Kinto Faro, tergantung rasio yang akan kamu gunakan, bubuk kopinya sendiri giling pada tingkat kasar namun tidak terlalu kasar. Pasangkan stainless steel filter pada dripper, letakkan driper Kinto Faro pada server, tuangkan bubuk kopi ke filter. Selanjutnya tuang air sesuai kenyamanan kamu, namun untuk pertama berilah jeda blooming untuk bubuk kopi.
Perlu diketahui, karena lubang pada Kinto Faro kecil jika dibandingkan dripper lainnya, sehigga tetesan kopi keluar sedikit agak lama ke server, maka nikmatilah tiap sesi menuangkan air panas ke dripper.

Teorinya menggunakan Kinto Faro dengan lubang tetesan yang kecil, maka mengurangi air menetes secara cepat dan meningkatkan waktu air bertemu dengan bubuk kopi, ini maknanya durasi ekstraksi kopi akan lebih lama dibandingkan menggunakan dripper yang memiliki lubang yang agak besar. Dengan konsep ini, kamu bisa menentukan resep kopi kamu sendiri menggunakan Kinto Faro.

src: caffezine.com img: search engine

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.