RANAH BARU ‘MINUM KOPI’ MEDAN

Minum Kopi atau lebih dikenal dengan singkatan Miko bukanlah kedai kopi baru di Medan. Tapi baru-baru ini mereka mengibarkan ranah baru dengan lokasi yang lebih mudah dijangkau.

JIKA ditanya kedai kopi apa yang berkomitmen bekerja sama secara adil langsung dengan petani maka jawabannya adalah Minum Kopi Medan. Bersama koperasi Minum Kopi Medan yang juga merupakan roastery ini langsung bekerja sama dengan petani kopi untuk mengangkat kopi-kopi lokal. Nama mereka cukup terkenal di kalangan penikmat kopi Medan. Dan gerai utamanya di wilayah Johor pun cukup ikonik dengan desain kedai kopi bertema kayu dan terbuka. Menurut saya pun tak ada kedai kopi yang berkonsep sama seperti Minum Kopi Johor yang sungguh santai itu. Di sana terdapat juga rumah sangrai tempat mereka menyangrai kopi-kopinya.

Selain di Johor, Minum Kopi juga berada di Jalan Sena. Ini merupakan gerai kedua yang kebetulan belum pernah kami singgahi. Malahan baru-baru ini Minum Kopi buka cabang ketika di Jalan Iskandar Muda dan disanalah kami mampir dan cukup terpukau dengan desainnya yang berbeda sekali dengan Minum Kopi Johor.

Minum Kopi di Jalan Iskandar Muda ini berkonsep lebih minimalis. Dibuat di dalam sebuah ruko kecil mereka menggunakan sentuhan kayu, semen yang mengusung tema industrial serta garis-garis ruang yang minimalis. Tak lupa tanaman di sana-sini yang membuat kedai kopi ini begitu segar dipandang.

Di coffee bar sebuah mesin espresso idaman kita semua La Marzocco Linea Mini Hitam jadi andalan. Tak lupa jejeran single origin juga terpajang rapi di coffee bar. Di bagian outdoor yang tepatnya di belakang terdapat lorong dengan jejeran tanaman rimbun. Saya yakin sore hari adalah waktu terbaik untuk nongkrong asyik di sini. Sejauh ini Minum Kopi Cabang Iskandar Muda ini beroperasi dari pukul 08.00 hingga 18.00 sore saja. Merebut pasar pagi katanya.

“Cabang Miko yang ini sengaja mengambil konsep minimalis, modern karena pasar di sekitar sini juga seperti itu,” kata Bang Blek selaku tim Miko dan roaster juga. Kami juga setuju mengingat di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, ya kan? Saya memesan single origin dari Sumatera Barat dan teman saya memesan secangkir caffee latte. Oh iya tak lupa ada camilan kue kecil sebagai teman ngopi. Rasa kopinya tak usah dibicarakan karena kami sudah pasti puas dengan kopi Miko.

Untuk kami harga kopi di Minum Kopi lumayan terjangkau jika dibandingkan kedai-kedai di sekitarnya. Ini yang mungkin bisa membuat kami sering-sering balik. Ya, selain tempatnya yang juga asyik.

Minum Kopi Medan

Jalan Iskandar Muda 

(simpang Jalan Panglima Nyak Makam)

Jam Operasional : 08.00 – 18.00 WIB

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.