RESEP: BANDREK LATTE DAN CARA GAMPANG MEMBUATNYA

Ginger spicy coffee dengan kearifan lokal.

ANGGAP saja cuaca mendung—saat saya memikirkan resep ini—adalah pemicu yang jadi memberikan kreatifitas untuk membuat sebuah menu berbeda. Kopi susu memang sedang hits, tapi saya sedang bosan. Apalagi udara dingin pun menggoda untuk menikmati minuman yang hangat-hangat dan menyehatkan tanpa kehilangan esensi kafeinnya. Espresso, dengan ekstraksi jahe, kayu manis dan madu pun terdengar menarik untuk dieksperimen. Terutama karena ketiga bahan terakhir pun sebetulnya cukup akrab dengan keseharian masyarakat Indonesia yaitu dengan dijadikan bandrek, minuman kesehatan alami khas nusantara. Minuman ini menurut saya cocok sekali dinikmati saat cuaca dingin, saat bersantai di sore hari, atau kapan saja jika kita mau. Berikut adalah cara mudah membuatnya.

 

Bahan yang dibutuhkan:

∙ Sekitar 30 ml honey liquid (madu asli akan lebih baik)

∙ 100-150 ml susu full cream

∙ Kayu manis

∙ Jahe

∙ Bubuk coklat (seperlunya)

∙ 1 shot espresso (sekitar 30-40 ml)

 

Cara membuat:

∙ Potong jahe dan kayu manis dengan cacahan-cacahan kecil.

∙ Panaskan susu di atas kompor dan jaga agar suhunya tidak lebih dari 60°C. (Saya menggunakan kompor elektrik yang suhunya bisa diset agar tetap sedemikian rupa). Masukkan madu dan potongan-potongan kecil jahe dan kayu manis tadi. Panaskan hingga campuran susu ini berbuih—ingat untuk tetap menjaga suhunya tidak lebih dari 60°C.

 

∙ Siapkan espresso. Disarankan untuk menggunakan espresso dengan karakter yang strong. (Saya menggunakan espresso yang komposisinya merupakan campuran 30% robusta, dan sisanya adalah Arabica Gayo).

∙ Tuangkan espresso ke gelas. Lalu tuangkan susu yang sudah dipanaskan tadi.

 

∙ Taburkan bubuk coklat sebagai garnish, jika selera.

∙ Sajikan dengan satu batang kayu manis sebagai pemanis tambahan untuk mengaduknya.

 

Bandrek latte siap dinikmati.

———

 

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.