RESEP CARA MEMBUAT ICE COFFEE DENGAN CHEMEX

Membuat ice coffee merupakan cara lain untuk menikmati kebahagiaan menyeduh kopi, jika kita sudah terlalu biasa menyeduh kopi dengan seduhan panas, bagaimana dengan menyeduh kopi untuk sajian dingin. Pasti bikin penasaran karakter rasa yang larut pada seduhan dingin, nah berikut tips menyajikan kopi dengan seduhan dingin. Enjoy.

SEBELUM masuk pada ulasan langkah demi langkah membuat ice coffee menggunakan chemex, perlu kita ketahui bersama bahwa ice coffee dan cold brew berbeda. Dari mulai metode membuatnya juga berbeda, mungkin sekilas dari karakter rasa hampir sama, namun sebenarnya rasa kopi yang diseduh menjadi ice coffee berbeda dengan rasa kopi yang diseduh cold brew.

Metode sajian cold brew, cara membuatnya dengan menuangkan air bersuhu ruangan tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, sedangkan ice coffee dialiri air seduhan pada suhu panas. Umumnya cold brew menggunakan metode perendaman bubuk kopi, yang kemudian didinginkan ke lemari pendingin. Dan setelah pada waktu yang ditentukan, semisal 8 – 12 jam maka cold brew siap untuk disajikan. Sangat berbeda dengan penyajian ice coffee, berikut ini resep membuat ice coffee dengan alat kopi chemex.

Pada resep kali ini menggunakan chemex 6 cup, jika mempunyai chemex untuk 3 cup mungkin kita bisa menggunakan setengah dari banyaknya kopi, air, dan ice cube yang dibutuhkan.

50gr kopi
466gr air
234gr ice cube
filter untuk chemex
scale digital

Rasio yang digunakan 1:14 jika ingin menggunakan rasio lainnya menyesuaikan intuisi bisa saja, yang perlu diperhatikan jumlah air seduhan dan jumlah ice cube yang digunakan. Sekitar 1/3 adalah jumlah ice cube dari total rasio air seduhan yang akan digunakan, karena nantinya ice cube ini akan mencair dan melarut bersama kopi hasil seduhan.

 

PANASKAN AIR SEDUHAN | Pastikan air seduhan cukup untuk menyeduh kopinya, dan lebih baik melebihkan air seduhan yang dipanaskan guna membersihkan filter chemex, maka dari itu sangat direkomendasikan menggunakan digital scale untuk menjaga gramasi seduhan.

MENCUCI FILTER CHEMEX | Filter kertas chemex harus dibersihkan terlebih dahulu, sama seperti membersihkan filter kertas pada metode seduhan dripper lainnya. Namun untuk membersihkan filter kertas chemex baiknya dibersihkan dengan waktu yang lama sekitar 5-10 detik, sebab kertas pada filter chemex lebih tebal dari filter dripper lainnya. Jika sudah membersihkan filter kertasnya, ambil filter kertas letakan pada wadah bersih sementara untuk kemudian membuang air bilasan dari filter kertas tadi.

Ada perbedaan asumsi, jika membuat ice coffee menggunakan chemex ada baiknya menetralkan suhu filter kertas yang dibilas dengan air panas tadi, agar karakter rasa lebih optimal. Jika untuk membuat hot coffee dari chemex, cara ini tidak perlu dilakukan.

ICE CUBE | Sebelum memasang kembali filter kertas pada chemex, masukkan ice cube yang sudah disediakan keseluruhan, yang selanjutnya memasangkan filter pada chemex.

BUBUK KOPI | Setelah memasang kembali filter kertas yang sudah dibilas, kemudian masukkan bubuk kopi pada gilingan medium coarse, jika memiliki perhitungan sendiri tentang metode gilingan yang sesuai untuk chemex, boleh saja. Menyeduh kopi bukan perihal benar atau salah, namun membangkitkan bahagia.

credit: ineedcoffee

SLOW POURING BUBUK KOPI | Tuang kopi menggunakan kettle yang nyaman, karena tiap kettle memberikan kesan yang berbeda untuk menuangkan air seduhan. Kettle yang baik, adalah kettle yang dengan mudah untuk mengontrol laju air ketika dituang, sehingga dapat menuangkan air seduhan dengan optimal. Kami rekomendasikan menggunakan kettle berleher angsa karena banyak orang yang pakai serta leher kettle memungkinkan untuk mengatur air seduhan melambat.

Tuangan air seduhan pertama adalah hal penting perlu diperhatikan, bagaimana bubuk kopi untuk pertama kali bersentuhan dengan air dan memberikannya jeda beberapa saat untuk bubuk kopi menjadi blooming. Selanjutnya, setelah memberikan jeda beberapa saat pada bubuk kopi, tuanglah air seduhan senyaman mungkin dan jaga volume air seduhan agar tidak berlebih. Beberapa baritsa menggunakan pengaduk kayu untuk meratakan bubuk kopi agar terekstraksi menyeluruh, ada juga yang tidak menggunakannya. Dan ketika air kopi jatuh ke dalam chemex, air kopi yang panas itu akan mengenai ice cube yang dingin, maka jadilah ice coffee yang nikmat diminum bersama sahabat.

LEPASKAN FILTER DAN SAJIKAN | Sebelum menyajikannya, pastikan hasil seduhan dingin sempurna, jika tidak terlalu dingin, kita bisa menambahkan ice cube agar lebih dingin. Namun karakter rasa kemungkinan akan berbeda, oleh sebab itu ketika ice cube dimasukkan ke chemex, jangan biarkan terlalu lama hingga mencair.

Namun, jika setelah diseduh karakter rasa belum sesuai dengan keinginan, kita bisa mengubah rasio sesuai keinginan kita untuk menghasilkan rasa kopi yang diinginkan. Dan tentunya, untuk menyeduh kopi yang nikmat butuh biji kopi yang segar pula, selalu sedia biji kopi adalah cara terbaik untuk tetap bisa menikmati kopi setiap harinya.

src: ineedcoffee.com img: la colombe blog

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.