RESEP KOPI: SWEET HONEY MOKA POT CAPPUCINO

Karakter rasa kopi yang kuat dari penyajian Moka Pot menjadi pilihan tepat untuk mereka yang hobi ngopi dengan ditambahkan susu, nah bagaimana jika ditambahkan madu, bagaimana rasanya?

Penasaran bagaimana karakter rasa kopi jika ditambahkan sesendok madu, mungkin akan menjadi lebih kompleks dari kelihatannya. Karakter manis dari madu yang nikmat dicampur ke secangkir espresso yang kuat dari sajian Moka Pot, seperti apa rasanya ya? Jika kebiasaan ngopi pagi hari kita ditemani dengan kopi untuk mengawali aktifitas harian, mungkin sajian ini akan memberikan sentuhan yang berbeda untuk mengawali hari.

Pertama saya temukan resep ini di bluepenguincoffee.com sudah menggugah hasrat saya untuk mencobanya, bagaimana rasa kopi Moka Pot jika ditambahkan dengan madu. Serta seperti apa jadinya, jika cappucino dipadukan dengan sentuhan manis, kopi susu dan madu. Untuk yang ingin mencobanya, langsung saja dilihat langkah demi langkah dan apa saja yang dibutuhkan.

credit: bluepenguincoffee.com

Yang dibutuhkan
– Bubuk Kopi Gilingan Moka Pot
– 1 Sendok Madu
Froth Milk (Opsional)
– Moka Pot

Cara membuat
– Bilas perlengkapan yang akan digunakan, seperti Moka Pot dan Cangkir dengan air panas, proses ini dinamakan preheat untuk memastikan tidak ada residu atau hal lain yang mengganggu karakter rasa.
– Masukkan bubuk kopi pada corong Moka Pot, tuang air seduhan tidak melebihi penanda pada wadah pemanas air Moka Pot yang nantinya akan mengekstraksi bubuk kopi pada corong.
– Setelah meratakan bubuk kopi pada corong, pasangkan corong Moka Pot yang berisi bubuk kopi pada wadah pemanas, dan tutup dengan wadah keluarnya air kopi. Selanjutnya memanaskan Moka Pot agar air seduhan mengaliri bubuk kopi.
– Sambil menunggu air seduhan mendidih dan melalui corong untuk ekstraksi bubuk kopi, buatlah froth milk untuk kebutuhan sajian selanjutnya. Bisa menggunakan French Press, atau alat milk frother untuk menciptakan buih susu. Namun jika ingin tanpa susu, juga tidak ada salahnya, langsung masuk ke langkah berikutnya.
– Setelah espresso tersaji menggunakan Moka Pot, campurkan froth milk ke espresso dan kemudian masukkan sesendok madu. Maka sajian Sweet Honey Moka Pot Cappucino telah siap. Selamat mencoba.

src& img: bluepenguincoffee.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.