REVIEW: KAMIRA ESPRESSO MAKER

Italia dan evolusi penciptaan alat pembuat espresso memang memiliki sejarah yang panjang dan tiada henti-hentinya. Kamira Espresso Maker adalah salah satu penciptaan baru yang lahir dari Italia.

KAMIRA Espresso Maker mungkin bukanlah satu-satunya espresso maker manual yang ada di industri kopi dunia. Tapi meski bukanlah sebuah pelopor, tapi Kamira Espresso Maker cukup percaya diri bersanding dengan pendahulunya seperti Rok Presso, Bellman Stove Top, Flair Espresso Maker dan lain sebagainya.

Kamira Espresso Maker adalah sebuah alat pembuat espresso manual yang cara kerjanya menggunakan tenaga panas dari kompor baik itu kompor gas maupun listrik. Terbuat dari material stainless steel yang solid dan didesain simpel menjadikan alat yang bobotnya hanya 1 kg saja.

Kamira Espresso Maker sangat mudah dibersihkan, portable, dibuat dengan ketelitian karena handmade dan tentunya sangat ramah lingkungan. Saya sendiri cukup takjub dengan Kamira Espresso Maker yang ternyata penggunaannya sangat mudah, cepat dan hasil espressonya mengagumkan. Kamira Espresso Maker memberikan krema yang tebal, creamy, aroma yang kuat dan rasa yang nikmat. Dan yang paling penting dari semua ini Kamira Espresso Maker sangat gampang dibersihkan dan tidak ribet dalam perawatan.

Komponen Kamira Espresso Maker :

  • Water tank
  • Pressure valve
  • Level Valve
  • Boiler
  • Safety Valve
  • Thermal handle
  • Filter holder
  • Porta filter / filter
  • Seal
  • Water tank lid

Tanpa banyak bicara lagi mari kita coba membuat espresso dari Kamira Espresso Maker.

Cara Menggunakan Kamira Espresso Maker

Yang Dibutuhkan :

Satu buah Kamira Espresso Maker, 1 buah kompor (saya menggunakan kompor listrik), 7 gram kopi digiling espresso size grind (untuk one shot espresso) dan 30 ml air (untuk one shot espresso), cangkir penyajian.

Cara Menggunakan :

Siapkan kompor dan Kamira Espresso Maker.

Siapkan 7 gram kopi untuk single shot dan pastingan digiling halus (espresso grind).

Siapkan 30 ml air suhu ruang (bisa juga air panas dan hangat) untuk single shot.

Masukkan air pada water tank. Pastikan level valve berada pada posisi melintang horizontal.

Kemudian pindahkan posisi level valve pada posisi vertikal setelah air berada di dalam water tank.

Setelahnya kembalikan posisi level valve pada posisi horizontal kembali. Kemudian tutup water tank lid.

Tempatkan kopi pada portafilter dan satukan pada body utama Kamira Espresso Maker.

Tempatkan cangkir di bawah portafilter. 

Lalu nyalakan kompor.

Harap diperhatikan bahwa Kamira Espresso Maker ini bekerja dengan sangat cepat. Jika menggunakan air panas mungkin hanya memakan waktu 30 menit saja. Jika menggunakan air suhu ruang hanya memakan waktu 1 menit sampai 1,5 menit.

Espresso nikmat, strong aroma. thick and creamy crema siap untuk kamu nikmati!

Kesimpulan!
Kamira Espresso Maker diciptakan untuk siapa saja yang menginginkan menikmati espresso di mana saja dan kapan saja. Sangat disarankan untuk penggunaan rumahan karena hasilnya lebih dari cukup. Material yang kokoh dan perawatan yang mudah memberikan keunggulan pada alat ini. Juga harga yang relatif terjangkau menjadikan Kamira Espresso Maker layak dimiliki siapa saja. Oh iya, hampir 90% espresso yang dihasilkan Kamira Espesso Maker hasilnya sempurna. Tapi harus kamu perhatikan jenis kopi dan level gilingannya ya.

Difoto oleh Inez Japardi

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.