REVIEW: STARESSO ESPRESSO MAKER

Tingginya mobilitas manusia sekarang ini, menyebabkan banyaknya penciptaan segala yang portable. Salah satunya alat pembuat kopi semacam Staresso ini.

STARESSO mungkin bukanlah espresso maker pertama yang mengusung tema ringan, easy to use, portable dan eco-friendly. Tapi ketahuilah bahwa espresso maker yang berdesain cantik ini merupakan salah satu penciptaan sukses sehingga mampu mengantarkannya meraih penghargaan RED DOT Award di Jerman dan mendapat predikat produk terlaris versi Amazon.com beberapa tahun lalu.

Setelah sekian lama ingin mengulas Staresso Espresso Maker ini, akhirnya lahirlah ulasan sederhana ala saya selalu pengguna. Untuk harga yang tidak tinggi, Staresso Espresso Maker cukup canggih. Bayangkan saja, dia mampu mencapai tekanan hingga 15-20 bar. Sedikit unggul dari espresso maker pendahulunya.

Juga Staresso ternyata sangat mudah dibersihkan karena bagian-bagian body-nya bisa dilepas satu per satu. Juga dilengkapi dengan cangkir yang bisa langsung diteguk sesaat espresso diseduh. Praktis! Lalu bagaimana dengan hasil espressonya? Jangan khawatir karena Staresso memiliki manual hydraulic pumping yang mampu menghasilkan espresso yang mendekati sempurna. Aroma, rasa dan nikmatnya tak bisa dianggap sepele. Staresso tak sekedar alat kopi main-main saja. Dia benar-benar bisa memberi kenikmatan espresso yang dibutuhkan para espresso lovers.

Bagian keren lainnya dari Staresso yang beratnya hanya 465 gram ini ternyata bisa digunakan juga menjadi milk frother juga. Meskipun saya tidak mencoba membuat foam susu dari Staresso, tapi baca dari ulasan seseorang di blognya tampaknya foam yang dihasilkan tidak mengecewakan juga.

Staresso Espresso Maker terdiri dari empat pilihan warna yaitu hitam, pink, hijau dan putih. Warna-warna yang beragam ini dibuat agar pemiliknya bisa menyesuaikan dengan minat dan kepribadiannya. Saya sendiri menggunakan Staresso pink agar terlihat lebih cute dan segar saja. Ada yang suka pink juga?

Komponen dari Staresso Espresso Maker :

  • Pompa
  • Wadah air berkapasitas 100 ml
  • Coffee basket berkapasitas 10 ml
  • Tatakan cangkir
  • Cangkir
  • Sendok yang juga bisa digunakan sebagai tamper.

Cara Menggunakan Staresso Espresso Maker

Siapkan coffee scale (saya menggunakan Hario Coffee Scale).

Giling 5  gram kopi pada ukuran fine.

Tuangkan bubuk kopi ke dalam coffee basket. Kemudian ratakan dengan sendok yang bisa digunakan sebagai tamper.

Satukan coffee basket pada wadah air. Kemudian eratkan dengan baik.
Siapkan cangkir dan tatakannya. Kemudian letakkan coffee basket dan wadah air yang telah disatukan tadi.

Kemudian masukkan air pada wadahnya lalu satukan dengan pompanya.

Jangan lupa mengeluarkan pompa dari penutupnya.

Tekan pompa berkali-kali hingga keluar espressonya.

Pada tekanan pertama mungkin espresso belum keluar. Jangan panik. Terus tekan hingga espresso keluar dengan sempurna.

Terus tekan hingga semua espresso hadir sempurna.

Dan ya, secangkir espresso dengan aroma nikmat dan rasa yang sedap siap kamu nikmati.

Kesimpulan: 

Staresso Espresso Maker adalah alat pembuat espresso yang unggul dengan harga yang sangat terjangkau. Kekurangannya adalah hanya bagian tatakan dan body atasnya tidak tersambung sehingga bisa terlepas jika tidak hati-hati menggunakannya. Kelebihannya alat ini cukup konsisten dalam menghasilkan espresso, mudah digunakan, mudah dibersihkan dan ringan. Untuk kamu yang ingin espresso maker keren dengan budget rendah Staresso Espresso Maker harus jadi pilihan!

Foto oleh Inez Japardi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

13 Comments
  1. Sudah beberapa kali coba untuk membuat espresso dengan alat ini. Hasi espresso memang oke, tapi untuk hasil ekstraksi pada ground kopinya saya rasa kurang maksimal. Karena masih setelah buka tempat ground kopinya terkadang masih ada air yang tersisa

Leave a Reply

Your email address will not be published.