Cafe & Travel Indonesia Padang Sumatera

RIMBUN ESPRESSO & BREW BAR: RUMAH SEDUH NAN TEDUH

rimbun-espresso


Jatuh cinta pada teguk pertama. Itulah yang saya rasakan kala mampir di Rimbun nan nyaman ini.

DIBERKATILAH saya yang saat main ke Bukittinggu Sumatera Barat memiilih penginapan di lokasi yang sunggu strategis. Tak jauh dari tourist spots dan tak jauh juga dari kedai kopi yang sudah lama ingin saya sambangi Rimbun Espresso & Brew Bar. Kedai kopi ini hanya berjarak 10 menit berjalan kaki dari penginapan saya. Lokasinya gampang dijangkau karena berada di pusat jajanan yang kala malam hari dipadati pendatang.

Suasana coffee bar Rimbun Espresso & Brew Bar Padang

Suasana coffee bar Rimbun Espresso & Brew Bar Padang

Eksterior Rimbun terbangun dari elemen kayu dengan dua meja yang berada di kiri kanan pintunya. Saat memasuki kedai kopi ini suasana hangat langsung seketika menyerbu. Tak hanya lighting dan interiornya tetapi juga sepasang senyum dua barista yang berada di balik coffee bar. Kedai sedang tak ramai saat ini, memberi kebahagiaan pada saya yang sedang dikejar deadline. Secangkir single origin Solok Surian dari Pandeka Coffee menjadi pilihan. Ah, teguk pertama langsung jatuh cinta.

Secangkir kopi Solok Surian. Sedap benar!

Secangkir kopi Solok Surian. Sedap benar!

Sambil menikmati kopi hangat, saya mengitari pandangan. Interior Rimbun Espresso & Brew Bar ini didominasi elemen kayu dengan pilihan interior retro dan furnitur yang kurang lebih sama. Seketika serasa berada di rumah nenek yang hangat dan teduh. Belum lagi playlist lagu mereka yang didominasi musik-musin semacam Endah & Rhesa, Banda Neira dan teman-temannya. Adem yang berkali lipat menyerbu membuat waktu serasa berjalan lambat dan tak terburu-buru.

Hangatnya atmosfer Rimbun Bukittinggi. Suka sekali.

Hangatnya atmosfer Rimbun Bukittinggi. Suka sekali.

Kerjaan yang menumpuk membuat saya harus menambah asupan kafein lagi. Kalau pada cangkir pertama saya memesan dengan metode V60, kali ini saya memesan dengan Clever Coffee Dripper. Dengan biji yang sama kedua metode ini menghasilkan cita rasa berbeda. Meski sama-sama nikmat terasa. Teman saya yang kebetulan juga ada di sana memesan secangkir hot cappuccino yang menurutnya enak sampai tetes terakhir. Oh iya, Rimbun menggunakan mesin espresso Rancilliio yang dipercaya menghasilkan bercangkir kebahagiaan.

Bukan sekedar tempat seduh, tapi juga rumah teduh.

Bukan sekedar tempat seduh, tapi juga rumah teduh.

Tak cukup hanya bertandang ke Rimbun Espresso & Brew Bar di Bukittinggi, saya juga menyempatkan mampir ke cabang utama mereka di Kota Padang. Sama seperti di Bukittinggi, gerai di Padang kurang lebih memiliki tema yang serupa, baik interior maupun eksteriornya. Yang membedakannya mungkin adalah sebuah mural tentang perjalanan secangkir kopi yang digambar dengan indahnya di dinding utama. Pun sebuah sepeda yang menggantung di tepat di depan coffee bar-nya.

But first, coffee!

But first, coffee!

Suasana hangat dan teduh yang saya dapatkan di Bukittinggi, saya rasakan pula di Padang. Rimbun bagaimanapun bukanlah sekedar tempat pengisi amunisi ketika kebutuhan kafein berada di titik nol, tetapi juga rumah seduh nan sungguh teduh setidaknya untuk saya sang pendatang. Oh iya, jangan khawatir ketika lapar dan ingin mampir ke sini, karena Rimbun juga memiliki menu makanan yang lamak bana. Juga kalian harus mencoba cascara, teh ceri kopi Minang Solok yang segar sekali. Ajaib karena selama berkeliling kedai kopi, hanya di Rimbun Espresso & Brew Bar Padanglah saya bisa menikmati cascara.

Cascara dari Kopi Solok yang segar nan fruity.

Cascara dari Kopi Solok yang segar nan fruity.

Saat menulis ini Rimbun Espresso & Brew Bar sedang berulang tahun yang kedua. Semoga menjadi tempat pulang beragam manusia. Dan saya sudah sangat rindu kembali ke Rimbun. Rindu akan kehangatan manusianya, pun rindu pada hangat kopi yang mengepul dari dalam cangkir. Terima kasih, para perimbun. Kalianlah sebenar-benarnya pohon rimbun yang sejuk itu.

Selamat Dwirgahayu, Perimbun!

Special thanks to Nico & Gorby, Yogi & Verdy. You guys are amazing.

 

Rimbun Espresso & Brew Bar

(Bukittinggi) Jalan Ahmad Yani No. 122, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat

(Padang) Jalan KIS Mangunsarkoro A/10, Padang, Sumatera Barat

 

PAKET CAFE

 

 

 

 

 

 

10,120 total views, 1 views today

You Might Also Like

5 Comments

  • Reply
    Rimbun Coffee
    May 12, 2016 at 7:03 pm

    Terimakasih!!

    Ditunggu kembali kedatangannya :)

  • Reply
    ngandreh
    May 16, 2016 at 1:26 pm

    Coba ulas coffeeshop Lalito coffee yang ada di padang

  • Reply
    5 KEDAI KOPI FAVORIT DI KOTA PADANG – Majalah Otten Coffee
    April 5, 2017 at 4:29 pm

    […] Rimbun Espresso Brew & Bar […]

  • Leave a Reply