RISTR8TO COFFEE: KEDAI KOPI JUARA

Ada banyak motivasi kenapa seseorang melakukan perjalanan. Buat saya salah satu motivasi itu pasti melibatkan satu kata: kopi.

Selain Loy Krathong Festival dan Yee Peng Lantern Festival, alasan saya mengunjungi Nothern Thailand, Chiang Mai pastilah dilandasi oleh kopi. Saya sudah dengar banyak cerita tentang tumbuh suburnya industri coffee shop di kota budaya ini. Saya juga dengar sebuah kedai kopi yang namanya sungguh tersohor karena baristanya menyabet peringkat keenam World Late Art Championship 2011,Maastricht, Netherlands. Ya, dialah Ristr8to Coffee, sebuah coffee shop yang menduduki peringkat paling atas di daftar kedai kopi terbaik di Chiang Mai.

Barista-Barista Ristr8to Coffee
Barista-Barista Ristr8to Coffee

Sebelum mampir ke Ristr8to Coffee saya sudah cari tahu di internet daftar kedai kopi yang direkomendasi di beberapa situs. Hampir semua situs menyebutkan kedai kopi yang terletak di kawasan Nimmanhemin ini. Tak cukup yakin dengan rekomendasi dari situs-situs terpercaya, saya juga bertanya pada seorang teman yang tinggal di Chiang Mai. Menurut mereka Ristr8to Coffee adalah coffee shop specialty yang wajib didatangi jika kamu benar-benar mencintai kopi. Lengkap sudah. Akhirnya berkat diyakinkan berbagai macam pihak, saya dan beberapa teman menyempatkan diri mampir ke Ristr8to.

Ristr8to Coffee
Ristr8to Coffee

Segala Jenis Manusia Luber di Sini

Ristr8to Coffee ternyata benar-benar popular tak hanya di kalangan orang lokal, tapi juga turis internasional. Hal tersebut terlihat dari ramainya kedai kopi ini. Sampai-sampai pagi itu kami hampir tak kebagian kursi untuk duduk. Untung ada gerombolan turis yang selesai sehingga meja mereka bisa dihibahkan ke kami. Ristr8to Coffee terdiri dari indoor dan outdoor yang dipisahkan oleh sling door agar panasnya udara luar tak masuk ke dalam. Desainnya sangat modern dengan perpaduan industrial berwarna basic dan kayu yang memberi kesan natural. Kedai kopinya tak luas, tapi cukup menampung banyak orang yang dahaga akan kafein. Bagian luarnya terdapat tangga yang biasa digunakan orang-orang untuk duduk atau sekedar jadi meja kopi mereka didudukkan.

Outdoor Area: Tempat Semua Orang Luber Jadi Satu
Outdoor Area: Tempat Semua Orang Luber Jadi Satu

Mata saya menjelajah ke seluruh penjuru. Aneka peminum kopi dari berbagai ras tumpah ruah di sini. Chiang Mai memang kota turis, dan lokasi Ristr8to yang strategis tentu menjadi persinggahan siapa saja yang ingin ngopi. Eksteriornya juga menarik, tak mungkin orang yang lewat tak segera tertarik untuk mampir. Saya dan teman-teman duduk di bangki kayu bermeja besar di luar. Bermandi matahari pagi sambil mengamati manusia yang lalu lalang. Sebuah keseruan tersendiri saat kami berkenalan dengan peminum kopi di meja lain. Segala percakapan luber bersama kopi. Di Ristr8to Coffee sepertinya tempat paling pas untuk mingle. Di sini sepertinya kesendirian ditebas habis. Sungguh menyenangkan.

Menu Kopi yang Namanya ‘Ajaib’

Satan Latte
Satan Latte

Keseruan ngopi di Ristr8to Coffee tak hanya sebatas membaur dengan pengunjung lain. Nama-nama menu kopi di tempat ini ternyata ‘cukup seru’ juga untuk tak dicoba. Pagi itu saya memesan Satan Latte. Alasan saya sebenarnya sederhana saja karena namanya yang unik dan penasaran seperti apa sebenarnya latte ini disajikan. Satan Latte ternyata mirip dengan latte biasa, hanya saja menurut saya agak sedikit lebih soft.

Arnon Thitiprasert
Arnon Thitiprasert

Yang bikin bahagia adalah latte art yang disajikan di atas Satan Latte ini sangat indah. Andai saja saya manusia kekinian yang suka dengan latte art rumit dan indah ini pastilah kopi ini tak bakalan saya minum. Ha-ha-ha. Tak heran jika barista Ristr8to Coffee yaitu berhasil menduduki posisi keenam di World Late Art Championship 2011,Maastricht, Netherland.

Ristr8to Iced Coffee
Ristr8to Iced Coffee

Selain Satan Latte, ada juga Cigar8to, Ficardie dan menu-menu kopi bernama ‘ajaib’ yang wajib dicoba jika kamu mampir ke sini. Karena cuaca pagi itu cukup menyengat dan kami duduk di bagian outdoor, secangkir besar Ristr8to Iced Coffee cukup ampuh melenyapkan rasa gerah. Oh iya kami juga sempat memesan a bucket of waffle yang sedap benar menjadi teman ngopi di kedai kopi kekinian yang popular di seantero Chiang Mai.

Waffle dan Ristr8to Iced Coffee
Waffle dan Ristr8to Iced Coffee

Intinya jika kamu ke Chiang Mai, jangan pernah melewatkan Ristr8to Coffee karena kedai kopi ini menjadi kiblat kopi di kota ini. Bagi yang tak suka udara panas, pilihlah duduk di bagian indoor. Nikmati interior yang berdekorasi penjelasan kopi di setiap dindingnya sambil memerhatikan para barista meracik kopi dengan penuh cinta. Ah, jadi rindu kembali ke sana.

 

Ristr8to Coffee ChiangMai, 15/3 Nimmanhemin Road, Suthep,

Muang, Chiangmai, Thailand 50200

 

cari-kopi

13,966 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.