RITI COFFEE PRINTER: MENGGUNAKAN TINTA DARI KOPI

Kopi biasanya untuk diminum? Eits, kalau yang satu ini kopi bisa dijadikan tinta untuk mencetak dokumen apa saja di atas kertas.

IDE untuk gaya hidup lebih ramah lingkungan membuat banyak manusia berinovasi menciptakan banyak benda yang bisa mengurangi efek global warming. Salah satunya adalah menciptakan mesin pencetak yang tidak menggunakan tinta biasa melainkan menggunakan ampas kopi yang sudah tidak lagi terpakai. Ide cemerlang ini lahir dari seseorang bernama Jeon Hwan Ju. Pria asal Korea yang dibantu oleh Core77 dan Inhabitat berhasil menciptakan sebuah printer yang sama sekali tidak menggunakan tinta yang dipercaya tidak eco-friendly.

 

Credit : ghacks.net
Credit : ghacks.net

Penggunaan ampas kopi sendiri dinilai jenius mengingat banyaknya para pengguna komputer yang mengonsumsi kopi setiap harinya dan membuang sampahnya begitu saja. Hebatnya lagi RiTi Coffee Printer ini ternyata tidak menggunakan tenaga listrik. Wow! Meski begitu, printer satu ini tidak bisa menghasilkan hasil cetakan secerah dan seterang warna printer biasa. Ampas kopi tidak mampu memberikan warna yang ‘lebih keluar’ seperti aslinya. Tapi kelebihannya adalah tinta dari kopi ini mengeluarkan aroma yang nikmat sama seperti kopi.

Credit : ghacks.net
Credit : ghacks.net

Meski begitu, kehadiran RiTi Coffee Printer ini disambut baik bagi banyak kalangan. Selain menghemat listrik, tentunya semakin menggalakkan zero wasting campaign dalam menggunakan ampas kopi. Penggunaan mesin printer ini ternyata tak sulit. Pada bagian tabung tintanya sendiri tinggal diisi saja oleh ampas kopi lalu satukan dengan printernya. Masukkan kertas seperti biasa lalu siap dicetak!

RiTi Coffee Printer ini pernah mendapat penghargaan pada ajang Greener Gadget Competitions sebagai salah satu produk paling ‘hijau’ dan eco-friendly. Nah, buat kamu yang penasaran dengan cara kerja dan hasil dari RiTi Coffee Printer, mari kita tunggu kapan alat keren ini masuk ke Indonesia ya.

Foto utama dari ghacks.net

single-origin kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.