RUPA-RUPA KOPI HITAM DINGIN!

Kopi boleh sama hitam, kopi pun boleh sama dingin. Tapi ternyata, nama dan rasanya bisa jauh berbeda!

SEORANG teman pernah bertanya, apakah kopi hitam dingin yang ada di menu kedai kopi itu rasanya sama saja? Pertanyaan dia merujuk pada kebingungan antara Iced Americano dan Espresso on The Rocks, yang menurutnya sama-sama es kopi hitam. Padahal untuk kita yang paham, dua menu ini sangatlah berbeda. Baik ukurannya, maupun rasanya! Tak hanya Iced Americano dan Espresso on The Rocks saja yang berbeda, adalagi jenis kopi hitam dingin lain yang ternyata rupa-rupa dan kerap kita temui di kedai kopi. Apa saja itu? Berikut kami paparkan poin-poinnya!

Cold Brew

Kopi yang satu ini memang hanya terbuat dari kopi dan air yang kemudian dinikmati dingin. Namun berbeda dengan kopi hitam dingin biasa, cold brew diseduh dengan suhu ruang dan kemudian direndam selama kurang lebih  7-9 jam tergantung masing-masing orang. Metode ini kelak menghasilkan cita rasa yang unik, biasanya less acidity dan tentunya nikmat. Ya, memang kopi hitam dingin, tapi rasanya sungguh berbeda.

Cold Drip

Berbeda dengan cold drip, kopi yang dikenal dengan kopi tetes dingin ini memerlukan alat seduh berbeda untuk hasilnya. Cold dripper atau penetes dingin terlibat dalam menghasilkan cold drip. Sama-sama menggunakan suhu ruang dalam proses seduh, cold drip bisa disesuaikan waktu seduhnya sesuai dengan tetesannya. Diperlukan waktu 7-12 jam untuk bisa dinikmati dan hasil seduhannya lebih ‘tebal’, intens, kompleks dan tentunya nikmat.

Japanese Iced Coffee 

credit: busy.org

Menu ini juga merupakan komposisi antara kopi dan air saja. Disajikan dingin selayaknya kopi hitam dingin lainnya. Namun cara penyeduhannya sungguh beda dan rasanya pun tak sama. Japansese Iced Coffee atau dikenal juga dengan Pour Over Iced, adalah kopi yang diseduh dengan alat bernama pour over yang ditambahkan es saat diseduh manual. Hasil seduhannya segar dan cita rasanya tergantung dari jenis single origin yang dipilih.

Iced Americano dan Espresso On The Rocks

Terakhir kedua menu ini adalah dua kopi hitam dingin yang sama-sama hadir lewat mesin espresso. Bedanya Iced Americano adalah espresso, air dan es. Sedangkan Espresso On The Rocks adalah espresso dan es saja. Espresso On The Rocks juga dikenal dengan nama lain Espresso Con Hielo yang dalam Bahasa Italia berarti espresso dengan es!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. hello sis…
    izin tambahan info sedikit… “con hielo” itu bahasa spanyol, bukan itali, he he he…
    degan salam hangat dari pulau Bintan, Kepri
    Marc

Leave a Reply

Your email address will not be published.