RUPA-RUPA KOPI HITAM DINGIN!

Di kedai kopi ada beberapa menu kopi yang serupa tapi tak sama. Ya, kopi hitam dingin yang meskipun sama-sama hitam dan dingin tapi ternyata beda nikmatnya!

SAAT ke kedai kopi pernahkah kamu melihat ada beberapa menu kopi hitam dingin yang beragam nama, rasa dan cara membuatnya. Kenapa bisa begitu berbeda padahal sama-sama terbuat dari kopi, air dan dingin pula? Setelah didalami menu kopi ini ternyata memang nyata bedanya meskipun bahan bakunya sama-sama kopi dan air. Kalau saya gemar memesan Filter Iced atau dikenal dengan Japanese Iced Coffee. Sedang sahabat saya senang memesan Cold Brew Coffee. Tak hanya dua jenis ini, berikut beberapa jenis kopi hitam dingin yang serupa tapi tak sama!

Iced Americano 

Seperti Americano yang merupakan espresso dicampur air panas, maka Iced Americano adalah espresso, air dan es. Minuman ini harus menggunakan espresso sebagai bahan dasarnya. Dan seringnya dinikmati dicuaca panas saat kebutuhan kafein sedang candu-candunya. Oh iya, Iced Long Black juga sama. Hanya yang membedakan adalah es, air dan espresso  yang terakhir dituang di atasnya.

Japanese Iced Coffee

Minuman kopi hitam dingin yang satu ini adalah es kopi yang diseduh secara manual biasanya menggunakan alat seduh jenis pour over. Sama seperti kopi yang diseduh manual, Japanese Iced Coffee ini hanya ditambah dengan es saja. Meski ditambah es, ada permainan rasio yang sedikit berbeda dari kopi seduh panas. Menu ini adalah menu favorit saya!

Cold Brew Coffee

Kalau ini semua pasti sudah tahu. Cold Brew Coffee dihasilkan dengan menyeduh bubuk kopi dengan air suhu ruang dan direndam kurang lebih 7-12 jam sesuai dengan jenis, metode dan selera masing-masing. Proses ini menghasilkan cita rasa yang unik, flavorful, lebih manis dan less acidity. 

Cold Drip Coffee

Atau dikenal dengan kopi tetes dingin karena proses penyeduhannya menggunakan alat seduh bernama cold dripper. Alat ini meneteskan air suhu ruang ke bubuk kopi selama kurang lebih 8-12 jam sesuai dengan keinginan dan selera penyeduhnya. Kopi yang dihasilkan lebih intens dan menyenangkan. Umumnya kopi dingin ini disajikan bersama es atau potongan lemon jika suka. Oh iya bisa dicampur susu juga!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.