RUPA-RUPA PENETES KOPI

Coffee dripper atau penetes kopi sudah begitu akrab di keseharian kita. Bentuk, desain, dan materialnya rupa-rupa. Namun semua punya pasarnya, punya jodohnya.

PARA pencandu kopi kelas berat biasanya memiliki banyak alat seduh kopi di rumah. Mereka mengoleksi beragam alat seduh demi kepuasan menikmati kopi sepaket dengan prosesnya. Salah satu yang dikoleksi adalah aneka coffee dripper. Salah satu teman seperkopian saya pun memiliki hampir semua jenis coffee dripper. Mulai dari Hario V60, Kalita Wave, Origami, Koka Dripper, December Dripper dan banyak lagi. Alasan dia memiliki beragam coffee dripper ini adalah agar tak bosan dan juga seru mencari-cari hasil seduhan yang beragam setiap hari.

Credit : shopify.com

Namun benarkah kehadiran beragam coffee dripper ini hanya sebagai seru-seruan saja? Salah satu coffee expert yang pernah saya ajak mengobrol mengatakan bahwa kehadiran coffee dripper adalah sebagai pemenuhan kebutuhan para penikmat kopi yang rupa-rupa. Kalita Wave menawarkan desain dan hasil seduhan yang seringnya lebih tebal. Hario V60 bermaterial plastik hadir untuk mereka yang tak mau mengeluarkan uang banyak hanya untuk sebuah coffee dripper karena harganya ekonomis.

December Dripper menawarkan kepraktisan. Coffee dripper bermaterial keramik dan porselain memberikan kepuasan menyeduh karena menahan panas lebih lama sehingga pada saat kopi diseduh suhunya konsisten dan tidak cepat turun. Selain itu bentuknya sungguhlah estetis dan sedap dipandang mata.

Menurut kami sendiri kehadiran coffee dripper tak semata-mata urusan keindahan dan koleksi untuk menyenangkan hati saja. Melainkan memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Namun semuanya punya pasarnya sendiri. Coffee dripper yang dibandrol di bawah 100 ribu umumnya dimiliki para pemula atau mereka yang memiliki budget kecil. Kedai-kedai kopi kecil pun senang memilih coffee dripper ini karena harganya murah. Pun bisanya dibuat dari material plastik yang awet dan antipecah.

Sedangkan para coffee expert dan coffee enthusiast sangat mengedepankan hasil seduhan dari coffee dripper tersebut. Coffee dripper yang terbuat dari bahan copper atau tembaga sudah pasti terjaga konsistensinya dalam menahan suhu. Pun porselain dan keramik. Ya, harganya cukup mahal namun memilikinya tentulah sebuah kepuasan tersendiri.

Untuk kami sendiri memiliki ragam coffee dripper seperti memiliki banyak jenis baju di lemari . Tiap baju, beda fungsinya. Tiap coffee dripper, beda hasil seduhannya. Ya, sesederhana itu.

 

Foto utama dari  Bean Green

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.