SAFFRON COFFEE LUANG PRABANG LAOS

Saat kamu menelusuri di internet “kedai kopi specialti di Luang Prabang” maka nama Saffron Coffee akan muncul di dalam daftar.

DAN benar saja, Saffron Coffee mungkin adalah salah satu pelopor kedai kopi spesialti di Luang Prabang, Laos ini. Tak hanya sebagai kedai kopi saja, Saffron juga bekerja sama dengan para petani kopi di Luang Prabang untuk mengembangkan kualitas kopi dengan baik dan sesuai standar specialty. Bahkan Saffron Coffee juga mengadakan coffee tour dari ladang hingga ke cangkir untuk mereka yang ingin tahu perjalanan kopi di sini.

Sayang waktu kami tak cocok dengan waktu diadakannya tur kopi ini. Maka kami hanya singgah ke kedai kopinya lebih dari sekali karena memang hanya 5 menit berjalan kaki jaraknya dari penginapan kami.

Pagi pertama di Luang Prabang kami sudah melipir ke Saffron Coffee. Kedai kopi ini berada di depan Mekong River dan terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah gedung utama dan kedua adalah tempat duduk tepat di sisi Sungai Mekong. Kami memilih duduk di gedung utama karena ingin menikmati suasana Saffron Coffee.

90 persen pengunjung tentu saja adalah turis. Saffron Coffee dibangun dengan nuansa kayu yang hangat. Mereka menggunakan mesin kopi La Marzocco Linea 2 Grup dan di coffee bar terpajang beberapa alat kopi yang sungguh familiar. Oh iya, ada aneka pastry dan cake yang menggugah selera.

Saya yang sedari awal sudah penasaran dengan Kopi Laos langsung saja memesan kopi ini yang diseduh dengan pour over. Slow bar-nya terpisah dari espresso bar. Berada di sisi kanan dekat mesin sangrai. Ternyata oh ternyata karakter Kopi Laos itu sungguh tebal dan penuh. Body-nya kuat dengan acidity yang menurut saya nyaris hilang. Mungkin faktor ketinggian ya. Kopi ini memang hanya ditanam di ketinggian 800 mdpl saja.

Kami juga memesan secangkir hot cappuccino yang sedap dinikmati bersama Banana Bread dengan Coffee Jam. Kami tidak mau makan kenyang pagi itu dikarenakan ingin jajan di pasar pagi.

Di hari berikutnya kami kembali ke Saffron Coffee kira-kira sehabis makan siang. Tapi kali ini kami tak memesan kopi kali ini. Saya penasaran dengan Cascara Ginger Tea yang dikemasi di botol kaca. Ternyata waktu di sajikan minuman ini harus dinikmati bersama perasan jeruk nipis, es batu dan madu. Duh segarnya tak terbilang lagi. Sensasi cascara yang dicampur jeruk nipis dan manis madu meredakan dahaga!

Oh iya, di Saffron Coffee ini kamu bisa membeli beragam hal mulai dari biji dan bubuk kopi hingga makanan lain yang dibuat dari kopi. Kami membeli barbeque sauce yang terbuat dari kopi untuk oleh-oleh. Sebelum membeli kami boleh mencoba dahulu dan ternyata enak sekali!

Saffron Coffee adalah tempat wajib yang harus didatangi pecinta kopi jika ke Luang Prabang. Pagi dan sore hari adalah dua waktu terbaik ngopi di sini!

Saffron Coffee
PO Box 494
Luang Prabang District
Luang Prabang Province
Lao PDR 06000

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.