SAJIAN KOPI DAN PADUAN COKLAT BUBUK, SEPERTI APA RASANYA?

Jika di antara kita pernah menikmati coklat panas, pasti akan penasaran membayangkan bagaimana karakter rasa dari sajian kopi yang dipadukan dengan coklat bubuk, mungkin akan memiliki rasa yang menarik. Lalu, sebenarnya adakah manfaatnya mencampurkan coklat bubuk pada sajian kopi kita?

SECARA garis besar, kopi dan coklat berasal dari proses yang hampis serupa yaitu biji. Biji kopi dan biji coklat melalui banyak pengolahan sehingga hasil akhirnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Jika biji kopi digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan kopi, espresso dan beberapa masakan yang perlukan paduan kopi. Untuk biji coklat sendiri banyak sekali mungkin hampir sama juga untuk sajian minuman dan makanan, bahkan bahan paduan permen serta eskrim. Keduanya sangat memberikan manfaat di dunia sajian minuman dan juga makanan. Namun apa jadinya jika coklat dan kopi menjadi satu sajian minuman.

credit: anchalblogs

COKLAT

Ternyata kandungan aktioksidan yang terdapat pada coklat sangat banyak, hal ini didukung oleh laporan penelitian “Journal of Agriculture and Food Chemistry” yang dirilis oleh Cornell University. Tidak hanya itu, dalam setengah cangkir berisikan coklat bubuk mengandung 98 kalori, 8.4 gr protein, dan 5.9 gr lemak. Lemak yang terkandung pada coklat masih dapat diterima tubuh jika mengkonsumsinya tidak terlalu berlebihan, sekitar 1 cangkir coklat panas per hari masih bisa diterima tubuh, jika dalam sehari diseimbangkan mengkonsumsi kalori lainnya.

Tidak hanya manfaat antioksidan, mengkonsumsi dark chocolate ternyata baik untuk memperlancar tekanan darah seseorang. Departemen Kardiologi di German University pada hasil penelitiannya menjelaskan bagaimana dark chocolate yang bersumber dari coklat bubuk dapat membantu memperlancar aliran darah partisipan ketika mengkonsumsinya. Untuk efek samping dari mengkonsumsi minuman sajian coklat masih tidak begitu jelas, hanya sekadar isu yang tidak terbukti secara ilmiah, namun mengkonsumsinya lebih baik secukupnya saja tidak berlebihan. Walaupun coklat baik untuk kesehatan kardiovaskular seseorang, lebih baik mengkonsumsinya dalam batas wajar.

Tentang kopi, di beberapa kesempatan telah banyak kami ulas disini bagaimana manfaat kopi untuk tubuh seseorang, bisa dibilang sajian coklat dan kopi merupakan paduan yang sempurna antara sajian rasa dan juga manfaat kesehatan bagi tubuh.

BARBAJADA; SAJIAN COKLAT DAN KOPI

Coklat dan kopi cenderung dikenal dengan sajian mocha coffee. penyajiannya identik dengan sajian kopi menggunakan espresso dengan memadukan chocolate powder untuk menyempurnakan sajiannya. Lalu bagaimana untuk membuat mocha coffe jika di rumah, sedangkan kita tidak memiliki mesin espresso seperti kedai kopi. Walaupun demikian banyak espresso maker rumahan yang cocok untuk membuat espresso sebagai paduan sajian mocha coffee, seperti Cafflano Kompressoย yang banyak orang cari atau Staresso, Nanopresso, dan banyak espresso maker portabel lainnya.

credit: seriouseats.com

Untuk memulainya sajian coklat dan kopi, berikut bahan dan alat yang diperlukan, Untuk berapa banyak bahan yang digunakan cukuplah sesuai kebutuhan.

– Coklat Bubuk
– Kopi
– Susu
– Gula Opsional
– Panci
– Mug

  • Pertama persiapkan sajian kopi sebelum memulainya, yang kemudian panaskan susu menggunakan panci.
  • Tidak ada teknik yang khusus dalam membuatnya, sajian barbajada sangat sederhana mencampurkan ke semuanya ke dalam panci. Selanjutnya ketika susu sudah memanas, masukan coklat bubuk dan jika ingin memasukan gula secukupnya kemudian di aduk.
  • Jika susu dan coklat bubuk sudah merata, kemudian campurkanlah sajian kopi yang semula sudah dipersiapkan. Dan secara sederhana ketika adukan merata, maka sajian Barbajada telah siap untuk dinikmati.
credit: seriouseats.com

Barbajada merupakan sajian yang berasal dari Itali, tidak perlu membutuhkan teknik khusus membuatnya hanya mencampurkan ke semuanya dalam satu panci, dan kemudian sajian panas coklat kopi siap untuk dihidangkan. Mau coba membuatnya di rumah, kamu membutuhkan coklat bubuk yang berkualitas untuk mengimbangi rasa dari kopi yang kamu persiapkan. Kami merekomendasi coklat bubuk Korte karena selain berkualitas juga banyak pilihan.

src: livestrong.com seriouseats.com img:ย scrumptiousfoodphotography

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.