SAKIT PERUT SETELAH NGOPI? INI JAWABANNYA

Ada yang minum kopi dalam dosis banyak, perutnya baik-baik saja. Ada yang baru minum kopi seteguk saja, perutnya sudah mengulah. Sebenarnya kenapa?

BEBERAPA orang percaya bahwa kopi dan zat yang terkandung di dalamnya mampu menyebabkan sakit pada perut dan saluran pencernaan. Setiap orang memang memiliki daya tahan yang berbeda pada perut dan sistem pencernaannya terhadap kopi. Namu, benarkah kopi menjadi satu-satunya alasan yang menstimulus sakit perut itu? Yang kemudian membuat orang-orang takut meminum kopi gara-gara takut sakit perut? Sebelum memutuskan bercerai 100% dengan kopi, mari cari tahu kenapa kopi bisa menyakiti perutmu.

Mungkin Perut dan Ususmu Sensitif Terhadap Asam

Seperti diketahui bahwa kopi memang memiliki acidity bawaan dalam dirinya. Dan ada orang yang tahan terhadap asam ini dan ada pula yang tidak. Tapi sebelum memutuskan kadar asam pada kopi yang bisa menyebabkan perutmu sakit, kamu harus tahu bahwa asam tak hanya datang pada kopi saja. Kamu bisa saja mengonsumsi buah-buahan dengan Vitamin C yang tinggi atau justru minum minuman beralkohol yang juga memiliki asam. Jadi satu-satunya yang menyebabkan perutmu sakit sebenarnya bukan kopi saja tetapi hal lain yang terlanjur kamu konsumsi sesaat sebelum ngopi.

Cara paling baik untuk mengatasi ini adalah dengan memerhatikan kandungan asam yang masuk ke tubuh. Dan jika sudah ngopi sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam. Dan jika kopi masih juga membuat perutmu sakit setelah melakukan metode tadi, coba konsumsi cold brew yang kadar asamnya sudah turun. Siapa tahu cocok untuk tubuhmu, kan?

Mungkin Tubuhmu Sensitif Terhadap Kafein

Sudah tahu kan kalau kopi menstimulus beberapa orang untuk buang air besar? Ya, mungkin sakit perut yang kamu alami lebih menjurus ke saluran pencernaan dan masalah pembuangan. Kafein memberikan efek laktasif yang membuat sistem pencernaan bekerja dengan lebih cepat. Dan ini pula yang bisa memberikan efek mulas padamu. Solusinya konsumsilah jenis kopi yang kadar kafeinnya rendah, arabika misalnya.

Makan Dulu Sebelum Ngopi

Seringnya orang lupa bahwa untuk ngopi disarankan mengisi perut dengan makanan berkarbohidrat dan protein terlebih dahulu. Perut yang kosong tentu akan berontak jika langsung terkena kopi. Wajar saja jadinya akan menimbulkan sakit perut yang tidak menyenangkan, bukan?

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.