TIPS PILIH TIMBANGAN DIGITAL UNTUK SEDUH KOPI MANUAL

Timbangan digital yang umum dikenal sebagai coffee scale, menjadi penting untuk pecinta kopi inginkan sajian kopi nikmat secara konsisten.

ANDALKAN intuisi sesekali mungkin mampu dapatkan hasil akhir sajian kopi manual yang nikmat, namun tidak selamanya. Tanpa timbangan digital selama proses seduh kopi, jangan heran jika sajian kopi berikutnya tidak senikmat sebelumnya. Sajian kopi manual bukan hanya hubungan antara rasio kopi dan juga air seduhan, ada proses ekstraksi di sana yang perlu dikawal. Menjaga proses ekstraksi tetap konsisten rahasianya menggunakan timbangan digital yang sesuai dengan metode seduh.

Timbangan digital yang umumnya digunakan para barista untuk proses seduh kopi, sangat membantu ciptakan sajian kopi sesuai seperti mereka harapkan. Hal ini sangat membantu penyeduh kopi menemukan ekstraksi optimal untuk sajian kopi mereka. Pentingnya menggunakan timbangan digital untuk proses seduh kopi meliputi;

Scale Bonavita | credit: gearpatrol.com

Akurasi Seduh. Untuk menemukan hasil sajian kopi nikmat tentu berawal dari perbandingan rasio kopi dan air seduhan yang tepat. Tentunya menggunakan timbangan digital dengan ketepatan akurasi, akan sangat membantu jumlah bubuk kopi dan air seduhan sesuai saat ditimbang.

Konsistensi Sajian. Sangat mungkin menyajikan sajian kopi dengan karakter rasa yang sama dan jumlah seduhan yang sama dengan memanfaatkan timbangan digital.

Mengurangi Bubuk Kopi Berlebih. Tanpa menggunakan timbangan digital, seringnya bubuk kopi berlebih atau kurang saat digiling. Akan sangat membantu menggunakan timbangan digital agar lebih memastikan penggunaan biji kopi tidak ada yang berlebih.

Membantu Eksperimen Seduh. Mempelajari bagaimana ekstraksi kopi di tiap detik dan tiap mililiter, dengan menggunakan timbangan digital membantu menganalisa dengan mengkoreksi kesalahan seduh. Pada seduhan kopi yang begitu detail, memanipulasi ekstraksi akan sangat mungkin menggunakan timbangan digital seduhan kopi.

Masih banyak lagi manfaat dari timbangan digital untuk seduhan kopi, bahkan berbeda fitur timbangan digital yang ditawarkan oleh produsen alat kopi juga memiliki beda manfaat. Setidaknya ada beberapa tips untuk mencari timbangan digital yang sesuah untuk proses seduh kopi, antara lain.

credit: cf.jiraygroup

UKURAN PERMUKAAN TIMBANGAN DIGITAL

Timbangan digital berkaitan dengan fungsi penggunaannya, semakin besar alat kopi harus disesuaikan timbangan digital yang digunakan. Maka menjadi penting sebelum memilih timbangan digital untuk kamu gunakan, seberapa luas ukuran timbangan yang sesuai dengan peralatan kopi.

SEBERAPA AKURAT

Akurasi dari timbangan juga harus dipikirkan sebelum memilih timbangan digital, berapa berat yang mampu ditimbang dan berapa batas atas bawah dari timbangan. Umumnya banyak barista memilih timbangan dengan minimal menampilkan 1 gram pada layar timbangan.

DAYA TAHAN BATERAI

Penggunaan timbangan untuk keperluan kedai kopi pasti berbeda dengan penggunaan bar di rumah. Maka daya tahan beterai dari timbangan digital harus diperhatikan, untuk membuat sajian kopi yang intens maka perlu daya tahan baterai yang baik. Sehinga tidak ada kekhawatiran ketika menggunakannya untuk berbagai keperluan.

DESAIN TIMBANGAN DIGITAL

Untuk melengkapi konsep bar sebuah kedai kopi, memilih desain timbangan digital menjadi penting, dari mulai warna dan bentuknya. Semisal timbangan digital dari acaia sangat sesuai untuk melengkapi desain bar konsep futuristik, dan timbangan digital lainnya untuk suasana bar lainnya.

FITUR LAINNYA

Perhatikan fitur apa saja dari timbangan yang akan kami pilih, apakah timbangan dilengkapi fitur hitungan waktu atau fitur mati otomatis. Beberapa tipe timbangan digital dilengkapi fitur untuk memudahkan proses seduh kopi. Maka pertimbangan fitur yang sesuai sebelum memilh timbangan digital.

Timbangan digital seperti apa yang menjadi favorit kamu?

sumber:
homegrounds.co coffee scale
img acaia.co

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.