Tips

SEBELUM MEMBELI MESIN ESPRESSO, SIMAK 3 TIPS INI!

espresso machine pouring coffee into cups


Mesin kopi adalah sebuah benda esensial untuk pecinta kopi. Tapi tidak semua orang paham bagaimana memilih mesin kopi yang cocok untuk kebutuhan.

DI industri kopi sendiri ratusan mesin kopi beredar di pasaran. Bentuk, rupa, jenis dan harganya pun beragam dan kadang hal tersebut justru semakin membingungkan untuk mereka yang memulai serius dalam menikmati kopi. Espresso mesin sendiri pun terbagi atas dua tipe yaitu mesin espresso otomatis dan mesin espresso manual. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, sebelum membeli dan memutuskan mesin espresso mana yang layak kamu miliki sebaiknya baca dulu tiga tips sederhana sebelum membeli mesin espresso ini. Semoga bisa membantu ‘menjodohkanmu’ dengan mesin kopi impian ya.

Credit : trbimg.com

Credit : trbimg.com

Tujuan Membeli Mesin Espresso 

Semua orang juga tahu bahwa tujuan membeli mesin espresso adalah buat ngopi. Bukan, bukan itu. Ha-ha-ha. Tujuan di sini maksudnya adalah untuk apa kamu membelinya. Apakah untuk dipakai sendiri di rumah, dipakai di kantor atau justru untuk dipakai di coffee shop yang hendak kamu buka. Jika pilihannya adalah yang pertama maka kamu tidak terlalu butuh espresso machine besar dengan budget selangit. Kamu tidak memerlukan mesin sejenis La Marzocco Linea PB Double Boiler atau Nouva Simonelli Appia. Yang kamu butuhkan adalah sebuah mesin espresso kecil yang bisa menunjang kegiatan ngopi kamu. Nama-nama seperti Delonghi, Breville, Wellhome, Magister, Nuova Simonelli Oscar II, Bialetti Mokona dan mesin-mesin single boiler lainnya bisa dijadikan pilihan. Atau jika malas dengan mesin espresso semi-manual, kamu bisa memilih mesin espresso otomatis sekali klik seperti Jura, Dolce Gusto dan Nespresso.

Credit : romewise.com

Credit : romewise.com

Mau yang Otomatis atau Semi-Otomatis?

Setelah tahu fungsi dan tujuan dibelinya mesin espresso tersebut, sekarang kamu bisa memilih jenis mesin espresso apa yang benar-benar kamu butuhkan. Jika kamu sudah bisa mengoperasikan mesin espresso atau sedang belajar tentang kopi dan serius menggali lebih dalam, disarankan membeli mesin espresso semi-otomatis. Sedangkan jika kamu memang tak ingin ribet dan ingin menikmati kopi secepat dan sepraktis mungkin, mesin espresso otomatis adalah jawabannya. Seperti kebutuhan kantor misalnya, orang-orang di kantor membutuhkan kopi yang tersaji cepat. Oleh karena itu, tak jarang bukan di setiap kantor kamu bisa melihat mesin espresso sekali ‘klik’ yang menunjang sibuknya suasana kerja para karyawan. Mesin espresso otomatis ini juga dilengkapi berbagai feature yang bisa menghasilkan banyak jenis minuman. Mulai dari long black, espresso, cappuccino sampa cafe latte. 

Credit : amazon.com

Credit : amazon.com

Sedangkan jika kamu memang ingin membeli mesin espresso untuk memulai bisnis kedai kopi, sangat disarankan membeli mesin semi-otomatis. Mesin espresso jenis ini memungkinkan kamu untuk lebih maksimal menghasilkan kopi nikmat yang bisa membahagiakan para pelanggan.

Budget!

Poin ini yang paling penting. Kebutuhan memiliki mesin kopi harus seiring denganb budget yang kamu tentukan. Jika sudah tahu jenis mesin apa yang mau kamu beli, berarti sekarang tinggal melihat sisi harganya. Untuk kelas mesin otomatis mulai dari harga 1 jutaan seperti mesin kopi Dolce Gusto Mini hingga harga yang tak terhingga. Sedangkan untuk mesin semi-otomatis berkisar dari harga 3 jutaan seperti mesin espresso Delonghi ECP dan Bialetti Mokona. Tentunya semakin mahal harga mesinnya biasanya semakin mumpuni kekuatannya. Sekarang tinggal kamunya saja yang memutuskan maunya beli yang mana.

Foto utama dari gettyimages.com

cari mesin espresso

 

 

 

1,896 total views, 11 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply